Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Kopi Janggut di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Nibarni, Nibarni (2023) Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Kopi Janggut di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Usaha Kopi Janggut, menganalisis lingkungan internal dan eksternal Usaha dan merumuskan alternatif strategi kegiatan pemasaran dalam upaya pengembangan Usaha. Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Kopi Janggut di Jorong Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, SWOT, SPACE dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Usaha Kopi Janggut merupakan usaha industri rumah tangga tertua di Solok Selatan yang berdiri sejak tahun 1930 dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 4 orang. Proses produksi pada Usaha Kopi Janggut dilakukan secara tradisional dengan produk kopi yaitu kopi bubuk asalan, kopi roasted dan bubuk arabica specialty dan fine robusta (arabika dan robusta petik merah). Pada faktor internal dan eksternal Usaha Kopi Janggut didapatkan nilai Internal Factor Evaluation (IFE) sebesar 3,00 dan nilai External Factor Evaluation (EFE) sebesar 3,30 dan matriks SWOT didapatkan pada posisi sel I yang artinya usaha mendukung strategi Agresif. Analisis matriks SPACE Usaha Kopi Janggut berada di nilai X= 3,1 dan Y=2,25 yaitu usaha berada pada kondisi agresif, sebanding dengan posisi analisis matriks SWOT. Berdasarkan hasil pencocokan analisis SWOT, SPACE dan analisis QSPM maka didapatkan rekomendasi strategi utama yang harus dilakukan oleh Usaha Kopi Janggut yaitu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghindari hambatan dan memperluas pasar usaha (TSK = 22,942).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Hendri, SP., MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kopi, SWOT dan SPACE
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:43
Last Modified: 06 Mar 2023 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199798

Actions (login required)

View Item View Item