PENEGAKAN PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA BARAT

Niko, Hary Manggala (2023) PENEGAKAN PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img] Text (tesis utuh)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Sebagai daerah otonom, baik pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota mempunyai kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri untuk melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan yang telah diserahkan kepadanya yang kemudian dituangkan pengaturannya dalam suatu peraturan daerah. Peraturan daerah memuat urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dan hanya berlalu dalam batas-batas yurisdiksi wilayah yang bersangkutan. Namun pada pelaksanaannya, peraturan yang dibentuk oleh suatu daerah telah menjangkau dan diberlakukan di daerah lain. Hal ini dapat ditemukan pada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang merupakan peraturan daerah provinsi Sumatera Barat yang pemberlakuannya menjangkau wilayah kabupaten/kota di Sumatera Barat yang dibuktikan dengan adanya penegakan yang dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten/kota apabila terjadinya pelanggaran atas kewajiban yang diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di wilayah kabupaten/kota. Hal tersebut kemudian melatarbelakangi pertanyaan dalam penelitian tesis ini, yaitu: bagaimana penegakan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan bagaimana efektivitas penegakan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis atau empiris. Penelitian ini memanfaatkan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 di kabupaten/kota dilaksanakan secara preventif dan represif secara langsung oleh Satpol PP Kabupaten/Kota tanpa melibatkan Satpol PP Sumbar. Hal ini berdasarkan Perjanjian Kerja Sama Pelaksanaan Penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 yang memberikan kuasa kepada Satpol PP Kabupaten/Kota untuk melaksanakan penegakan atas pelanggaran Perda Nomor 6 Tahun 2020 yang terjadi di wilayahnya tanpa perlu melibatkan Satpol PP Sumbar. Berkaitan dengan efektifitas pelaksanaannya, penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 yang merupakan Peraturan Daerah Sumatera Barat dapat dilaksanakan secara efektif di Kabupaten/Kota oleh Satpol PP Kabupaten/Kota. Hal ini dikarenakan pada kondisi darurat pandemi COVID-19 sehingga Perda Nomor 6 Tahun 2020 merupakan satu-satunya payung hukum yang dapat dijadikan pedoman oleh pemerintah daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat untuk menyelenggaraan adaptasi kebiasaan baru di daerahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Kurnia Warman, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Penegakan, Peraturan Daerah, Sumatera Barat, Adaptasi Kebiasaan Baru, COVID-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:51
Last Modified: 06 Mar 2023 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199779

Actions (login required)

View Item View Item