Pengaruh Penambahan Sari Buah Senduduk (Melastoma malabathricum, L) terhadap Karakteristik Mutu Sirup Malaka (Phyllanthus emblica)

Hafni, Mulyani Pardede (2016) Pengaruh Penambahan Sari Buah Senduduk (Melastoma malabathricum, L) terhadap Karakteristik Mutu Sirup Malaka (Phyllanthus emblica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan sari buah senduduk terhadap karakteristik mutu sirup buah malaka dan mengetahui produk yang paling disukai berdasarkan penerimaan panelis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan tiga ulangan. Data kemudian dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan pada penelitian ini adalah penambahan sari buah senduduk sebesar : A (2%), B (4%), C (6%), D (8%) dan E (10%). Pengamatan yang dilakukan terdiri dari : uji organoleptik, pH, kadar gula, total asam, vitamin C, aktivitas antioksidan, viskositas, aktivitas air (aw), total padatan terlarut dan angka lempeng total. Hasil penelitian menunjukkan penambahan sari buah senduduk berpengaruh nyata terhadap aktifitas air (aw), nilai pH, kadar gula, total asam, vitamin C dan kadar antosianin, namun tidak berpengaruh nyata terhadap viskositas, total padatan terlarut dan aktivitas antioksidan. Pada uji organoleptik, penambahan sari buah senduduk berpengaruh nyata terhadap parameter warna, namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter rasa dan aroma sirup. Hasil uji angka lempeng total sirup berkisar 1,2x102–2,0x102 cfu/g. Pada uji organoleptik (rasa, aroma dan warna) menunjukkan produk E merupakan produk yang paling disukai dengan rata-rata untuk rasa 3,90, aroma 3,73 dan warna 4,43. Hasil analisis perlakuan E yaitu: viskositas 3,23 dPas, total padatan terlarut 80,16◦Brix, aktifitas air (aw) 0,82, nilai pH 3,4, kadar gula 43,52%, total asam 0,31%, vitamin C 38,04 mg/100g, aktivitas antioksidan 88,23%, kadar antosianin 7,45 mg/L dan angka lempeng total 2,0x102 cfu/g. Kata kunci - sirup, sari buah, buah malaka, buah senduduk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:12
Last Modified: 20 Dec 2016 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item View Item