Pengaruh Perbedaan Lama Penyimpanan pada Suhu Rendah Terhadap Sifat Fisikokimia Minuman Susu Jagung Manis (Zea mays var. saccharata)

Ewi, Fajria Nuris (2016) Pengaruh Perbedaan Lama Penyimpanan pada Suhu Rendah Terhadap Sifat Fisikokimia Minuman Susu Jagung Manis (Zea mays var. saccharata). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak new.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Akhir))
BAB v (AKHIR).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pada suhu dingin dan pada suhu beku dan juga pengaruh interaksi antara lama penyimpanan dan suhu penyimpanan terhadap sifat fisikokimia minuman susu jagung manis. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas pada bulan Agustus 2015 sampai pada bulan Oktober 2015. Penelitian menggunakan rancangan faktorial 4x2 dalam RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 3 kali ulangan. Faktor A merupakan perlakuan lama penyimpanan dengan taraf: A1 = 1 hari; A2 = 3 hari; A3 = 5 hari; A4 = 7 hari dan faktor B merupakan perlakuan suhu penyimpanan dengan taraf: B1 = suhu 5oC, B2 = suhu -5oC. Data dianalisis dengan uji DMNRT pada taraf nyata 5%. Pengamatan yang dilakukan terhadap minuman susu jagung manis meliputi: kadar air, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, uji viskositas, uji pH, analisa visual, dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara kedua faktor pada nilai pH sedangkan kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar karbohidrat, nilai viskositas berpengaruh nyata terhadap perbedaan lama penyimpanan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap suhu penyimpanan. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa produk yang paling disukai oleh panelis terdapat pada produk A1B2 dengan persentase panelis yang menyatakan suka dan sangat suka terhadap warna 87%, aroma 87%, rasa 80% dan tekstur 73%. Kata Kunci: penyimpanan, jagung manis, suhu dingin, suhu beku

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:06
Last Modified: 15 Dec 2016 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item