Pengaruh Penambahan Bubuk Kayu Manis (Cassiavera) pada Bubuk Biji Salak terhadap Karakteristik Kopi Biji Salak (Salacca sumatrana)

Fitryan, Royto Silalahi (2016) Pengaruh Penambahan Bubuk Kayu Manis (Cassiavera) pada Bubuk Biji Salak terhadap Karakteristik Kopi Biji Salak (Salacca sumatrana). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk cassiavera terhadap karakteristik kopi biji salak yang dihasilkan dan menentukan penambahan bubuk cassiavera terbaik pada kopi biji salak berdasarkan analisa kimia dan uji organoleptik. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan penambahan bubuk cassiavera yang berbeda pada setiap perlakuan yaitu perlakuan A (penambahan bubuk cassiavera 2g), perlakuan B (penambahan bubuk cassiavera 4g), perlakuan C (penambahan bubuk cassiavera 6g) perlakuan D (penambahan bubuk cassiavera 8g) dan perlakuan E (penambahan bubuk cassiavera 10g). Pengamatan yang dilakukan terhadap sampel adalah uji kadar air, uji kadar abu, uji daya larut, uji kadar tanin, uji total polifenol, uji aktivitas antioksidan dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bubuk cassiavera berpengaruh nyata terhadap kadar air, daya larut, kadar tanin, total polifenol, antioksidan dan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar abu. Hasil uji organoleptik menunjukkan produk kopi biji salak dengan penambahan bubuk cassiavera yang paling disukai adalah produk A (penambahan bubuk cassiavera 2g) dengan nilai kesukaan terhadap warna 3.86, aroma 3.66 dan rasa 3.33. Produk A merupakan produk terbaik dengan nilai kadar air 2.91%, kadar abu 3.3%, daya larut 2.85%, kadar tanin 0.20%, total polifenol 0.029% dan antioksidan 56.46%. Kata kunci : kopi, biji salak, bubuk cassiavera, kopi biji salak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:15
Last Modified: 20 Dec 2016 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19862

Actions (login required)

View Item View Item