PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN DAN MAKANAN YANG LAYAK BAGI HAK NARAPIDANA MENURUT UU NO 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Di Lapas Klas II B Muaro Sijunjung)

ASHABI, BULLAH ALHAS (2016) PELAKSANAAN JAMINAN KESEHATAN DAN MAKANAN YANG LAYAK BAGI HAK NARAPIDANA MENURUT UU NO 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Di Lapas Klas II B Muaro Sijunjung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah kesehatan dan makanan yang diderita oleh warga binaan selama menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan, merupakan masalah yang sangat penting. Masalah kesehatan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muaro Sijunjung dikarenakan beberapa faktor diantaranya yaitu: kekurangan sumber daya manusia, terlambatnya diteksi kasus, ketidaktepatan pengobatan terhadap penyakit yang diderita oleh warga binaan, kurang higienis dan sanitasi yang buruk, serta tidak cukupnya anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk biaya pengobatan warga binaan. Sebagaimana sesuai dengan Pasal 14 Undang-undang No 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, berdasarkan Pasal tersebut bahwa warga binaan memiliki Hak dalam memperoleh Pelayanan Kesehatan Dan Makanan yang Layak. Serta mengenai tata cara pelaksanaan hak warga binaan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penulisan ini yaitu: (a) Bagaimana pelaksanaan jaminan kesehatan dan makanan yang layak bagi hak warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muaro Sijunjung berdasarkan Undang-undang No 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, (b) Apakah hambatan atau kendala yang dihadapi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muaro Sijunjung dalam pelayanan kesehatan dan makanan yang layak terhadap warga binaan berdasarkan Undang-undang No 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian hukum yaitu yuridis sosiologis. Penulisan ini bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap kondisi yang telah ada dan sedang berjalan untuk memberikan gambaran mengenai permasalahan di lapangan sejelas-jelasnya. Adapun hasil dari penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Lapas merupakan hak setiap warga binaan. Pelayanan Kesehatan dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu: pelayanan kesehatan bersifat segera dan pelayanan kesehatan bersifat rutin dan dalam pemberian makanan terhadap warga binaan telah sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No M.HM-01.P.K.07.2 Tahun 2009. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yaitu kurangnya tenaga kesehatan di Lapas Klas II B Muaro Sijunjung. Dan kurangnya anggaran untuk makan yang diberikan pemerintah untuk Lapas. Upaya yang dilakukan pihak Lapas yaitu melakukan pelelangan kepada pihak swasta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:09
Last Modified: 14 Dec 2016 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item View Item