Hubungan Pengetahuan, SIkap dan Tingkat Pendidikan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Ibu Rumah Tangga di Jorong Kampung Alang Pasaman Barat

Randi, Fernandy (2016) Hubungan Pengetahuan, SIkap dan Tingkat Pendidikan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Ibu Rumah Tangga di Jorong Kampung Alang Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Sripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah suatu upaya untuk mencegah timbulnya penyakit. Kesadaran untuk menerapkan perilaku ini sangat tergantung kepada pengetahuan, sikap dan tingkat pendidikan seseorang. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap dan tingkat pendidikan dengan PHBS pada ibu rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian analitik. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling untuk mendapatkan 88 responden yang memenuhi kriteria yang ditentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan tingkat pendidikan dengan PHBS pada ibu rumah tangga di Jorong Kampung Alang, Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan ibu rumah tangga memiliki pengetahuan yang baik (79,5%), sikap yang positif (86,4%), menamatkan pendidikan menengah-lanjut (73,9%). PHBS baik (83,0%), namun masih belum tercapai pada indikator 5, 9 dan 10. Ada pengaruh pengetahuan (p=0,00), sikap (p=0,00) dan tingkat pendidikan (p=0,020) dengan PHBS pada ibu rumah tangga di Jorong Kampung Alang, Pasaman barat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar ibu rumah tangga memiliki pengetahuan yang baik, sikap yang positif dan menamatkan pendidikan menengah-lanjut. Secara umum menerapkan PHBS yang baik, namun masih belum tercapai pada indikator 5, 9 dan 10. Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan tingkat pendidikan dengan PHBS pada ibu rumah tangga. Kata kunci: pengetahuan, sikap, tingkat pendidikan, PHBS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 09 Dec 2016 02:34
Last Modified: 09 Dec 2016 02:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item View Item