Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan yang engakibatkan Matinya Orang (Studi di Polsek Pariangan Tanah Datar)

Arief, Hidayat (2016) Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan yang engakibatkan Matinya Orang (Studi di Polsek Pariangan Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover arda word oke.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I arda word oke.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab V arda word oke.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka arda word oke.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi arda siap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang terjadi di Pariangan, Simabur, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang dilakukan oleh Pelaku yang mengakibatkan kedua korbannya mati ditempat, korban adalah M.Sawir (63) Perwira Pensiunan TNI dan istrinya Zainimar (61), yang terjadi didalam rumah korban di Jorong Tanjung Limau Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kabupatan Tanah Datar.Dalamwawancara prapenelitian menurut salah satu penyidik Aiptu.Lian Tanjung sebagai penyidik pada kasus ini, beliau mengakui tidak hanya sulit mengungkap pelakunya, penyidik juga sulit untuk mencari saksi-saksi, hal ini terjadi karena menurut penyidik dari kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi tidak ada saksi yang melihat kejadian tersebut, dan tidak menemukan barang bukti dilapangan selain hanya dua mayat yang terbujur kaku yang bersimbah darah didalam rumah korban. Hal tersebut dikarenakan pelaku menghilangkan barang bukti atau jejak tindak pidana yang telah dilakukan. Adapun permasalahan yang dibahas dalam Penelitian ini adalahbagaimanakahPelaksanaanPenyidikanTindakPidanaPencurianDenganKekerasan yang Mengakibatkan Matinya Orang? dan apakah yang menjadikendala-kendala yang ditemui penyidik dalam Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan yang Mengakibatkan Matinya Orang? Penelitian ini menggunakan metode yurisdis sosiologis, dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui metode wawancara serta studi dokumen yang untuk selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisa secara kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti di Pengadilan Negeri Bukittinggi adalah : 1. Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana pencurian dengan Kekerasan yang mengakibatkan matinya orang dalam menemukan tersangka adalah melakukan tindakan pertama dengan menuju TKPuntukmengumpulkanbuktidanketerangansaksi. 2. Kendala-kendala yang dihadapi penyidik pada pelaksanaan penyidikan tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang yaitu sulitnya mencari saksi yang melihat di Tempat Kejadian Perkara, TKP sudah dimasuki dan di acak-acak oleh orang orang yang tidak berkepentingan, tidak kooperatifnya pihak keluarga korban kepada penyidik, Tidak adanya kesadaran Perangkat nagari, masyarakat terhadap hukum dan lingkungan sekitar, sehingga penyidik sulit mendapatkan informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:55
Last Modified: 08 Dec 2016 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item View Item