PERTUMBUHAN DUA VARIETAS TANAMAN SAWIT (ElaeisguineensisJacq.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR PADA TAHAP MAIN NURSERY

Fitri, Handayani (2016) PERTUMBUHAN DUA VARIETAS TANAMAN SAWIT (ElaeisguineensisJacq.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR PADA TAHAP MAIN NURSERY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2.BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
3. BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. Fuul Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pertumbuhan dua varietas tanaman sawit (Elaeis guineensis Jacq.) dengan pemberian beberapa dosis pupuk organik cair pada tahap main nursery telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar, kenagarian Gunung Medan, kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: melihat interaksi antara dua varietas tanaman kelapa sawit dengan pemberian beberapa dosis urin sapi terhadap pertumbuhan pada tahap main nursery, mendapatkan pertumbuhan varietas tanaman kelapa sawit yang terbaikan yang diperlakukan dengan urin pada tahap main nursery, dan mendapatkan dosis urin sapi yang terbaik terhadap pertumbuhan dua varietas tanaman kelapa sawit. Rancangan yang digunakan pada percobaan ini adalah faktorial dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah varietas kelapa sawit yaitu Dumpy dan Simalungun. Faktor kedua adalah beberapa dosis urin sapi dengan perlakuan 0 ml/10 kg tanah, 40 ml/10 kg tanah, 60 ml/10 kg tanah, 80 ml/10 kg tanah, dan 100 ml/10 kg tanah. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf nyata 5%, jika F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan Batas Nilai Tengah (BNT) pada taraf nyata 5%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat interaksi antara varietas tanaman kelapa sawit dengan pemberian dosis urine sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit yaitu pada variabel bobot segar bibit, kecuali pertambahan tinggi tanaman, jumlah helai daun, diameter bonggol dan bobot segar akar. Dumpy merupakan varietas tanaman kelapa sawit yang terbaik. Dosis pupuk organik cair urin sapi yang terbaik terhadap pertumbuhan varietas Dumpy yaitu 100 ml/10 kg tanah dan varietas Simalungun 40 ml/10 kg tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:40
Last Modified: 28 Dec 2016 01:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item View Item