Analisis Pengaruh Penyertaan Modal Pemerintah Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perum Jaminan Kredit Indonesia Tahun 2006-2014

Rezki, Zulhendra (2016) Analisis Pengaruh Penyertaan Modal Pemerintah Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perum Jaminan Kredit Indonesia Tahun 2006-2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tugas dan fungsi penatausahaan Penyertaan Modal oleh pemerintah merupakan konsekuensi kepemilikan modal pemerintah pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan adanya penyertaan modal oleh pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan kinerja BUMN. Selain pengaruh langsung, penyertaan modal oleh pemerintah juga dapat mempengaruhi kinerja keungan BUMN secara tidak langsung setelah terlebih dahulu berkontribusi terhadap pertumbuhan aktiva dan menciptakan struktur modal yang optimal. Penyertaan Modal pada BUMN diharapkan memberikan manfaat terhadap negara dan BUMN itu sendiri. Manfaat yang dirasakan oleh pemerintah dan BUMN dapat diperoleh dari pertumbuhan aktiva yang tinggi, struktur modal yang optimal dan kinerja keungan yang baik. Dalam kurun waktu tahun 2006 sampai dengan tahun 2014, hanya terdapat dua BUMN yang secara stimultan menerima penyertaan modal setiap tahunnya yaitu PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo). Untuk jumlah penyertaan modal pemerintah Perum Jamkrindo merupakan yang terbesar. Sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang penjaminan pinjaman oleh usaha menengah, kecil dan mikro, Perum Jamkrindo memiliki peran besar dalam menciptakan stabilitas perekonomian Negara. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari buku, internet, jurnal, dan dokumen pendukung lainnya berupa data dari Kementerian Keuangan (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) sebagai pihak yang berperan besar dalam pengambilan keputusan Penyertaan Modal Pemerintah pada Perum Jamkrindo. Dalam menganalisis pengaruh Penyertaan Modal Pemerintah terhadap Pertumbuhan Aktiva, Struktur Modal dan Kinerja Keuangan, penelitian ini menggunakan metode Path analysis (PA). Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa penyertaan modal pemerintah berpengaruh secara langsung terhadap kinerja keuangan, sedangkan pengaruh tidak langsung penyertaan modal melalui pertumbuhan aktiva dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 01 Dec 2016 06:46
Last Modified: 01 Dec 2016 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item