ANALISIS USAHATANI PADI LADANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENYEDIAAN BERAS DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rifa, Pribadi (2016) ANALISIS USAHATANI PADI LADANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENYEDIAAN BERAS DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Abstract)
(9) Upload abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
(10) upload BAB 1 rifa.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
(14) upload BAB V rifa.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(15) upload DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi upload rifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS USAHATANI PADI LADANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENYEDIAAN BERAS DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT SKRIPSI Oleh RIFA PRIBADI 1110222007 Dosen Pembimbing : Pembimbing I : Mahdi, SP, M.Si, Ph.D Pembimbing II : Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2016 vii ANALISIS USAHATANI PADI LADANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENYEDIAAN BERAS DI KECAMATAN GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT ABSTRAK Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2016 di Kecamatan Gunung tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis pendapatan dan keuntungan usahatani padi ladang, Menganalisis permasalahan dalam pengembangan padi ladang dan menganalisis peran padi ladang terhadap kontribusi penyediaan pangan beras di kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat . Pemilihan lokasi penelitian ditetapkan secara purposive (sengaja). Yang menjadi sampel penelitian adalah adalah petani yang melaksanakan panen terakir, pengambilan sampel dilakukan secara purposive .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil petani sampel memperoleh pendapatan rata-rata per luas lahan per musim tanam padi ladang adalah Rp 10,978.633,33/Luas Lahan/MT dan rata-rata per hektar per musim tanam adalah Rp 21.957.266,67 /ha/MT. Sedangkan Keuntungan rata-rata yang diterima oleh petani padi ladang per luas lahan per musim tanam adalah Rp 5.035.567,77/Luas Lahan/MT dan keuntungan rata-rata yang diterima oleh petani per hektar adalah Rp. 10.071.135,53 /MT. Artinya usahatani padi ladang ini sangat menguntungkan bagi petani yang ada di kecamatan Gunung Tuleh kecamatan Pasaman Barat.perrmasalahan yang ditemui pada penelitian ini proses mendapatkan pupuk organik, mendapatakan modal dan mendapatkan penyuluhan, Mendapatkan Benih Unggul, Melakukan Penanaman dan perlindungan dari hama penyakit tanaman dan Mendapatkan Lahan dan Melakukan Pengolahan Lahan (Membersihkan Lahan) dan Proses Pasca panen, panen, mengolahan hasil panen dan penjualan hasil panen. Kontribusi padi ladang berkontribusi terhadap penyedian pangan beras di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Kata kunci: Analisa usahatani, Usahatani padi ladang, Kontribusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:14
Last Modified: 02 Dec 2016 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item