PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN TIKET SERTA PENCATATAN WAKTU KEDATANGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) PADA HALTE MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC)

Taufik, Ihsan (2016) PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN TIKET SERTA PENCATATAN WAKTU KEDATANGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) PADA HALTE MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER + ABSTRAK)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL 1210452024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN TIKET SERTA PENCATATAN WAKTU KEDATANGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) PADA HALTE MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) Taufik Ihsan1, Zaini, Ph.D2, Rahmi Eka Putri, M.T3 1Mahasiswa Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas 2Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas 3Dosen Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem pembayaran tiket pada Bus Rapid Transit (BRT) menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) dan sistem pencatatan waktu kedatangan bus pada halte menggunakan wireless module nRF24L01. Sistem pembayaran tiket terdiri dari NFC-Reader yang diletakan pada pintu halte serta NFC-Tag berbentuk Kartu dan Sticker yang dimiliki oleh penumpang. Sistem pembayaran juga dilengkapi dengan sebuah pintu otomatis. Pintu dapat terbuka jika transaksi berhasil dilakukan. Dengan adanya sistem ini, maka transaksi pembayaran tiket tidak lagi dilakukan diatas bus, tetapi dilakukan di halte. Sedangkan sistem pencatatan waktu kedatangan bus dibangun dengan tujuan untuk memaksimalkan jumlah bus yang terbatas. Dengan adanya sistem ini, pengelola dapat melihat waktu kedatangan bus disetiap haltenya. Sehingga pengelola dapat menganalisa dan membuat kebijakan berdasarkan waktu yang dicatat tersebut. Berdasarkan pengujiannya, waktu rata-rata yang dibutuhkan sistem untuk memproses sebuah transaksi adalah sebesar 1,99 detik dan 5,38 detik jika penumpang melakukannya dalam sebuah antrian. Kata kunci: Bus Rapid Transit, Near Field Communication, nRF24L01

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:57
Last Modified: 30 Nov 2016 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item