ANALISIS EFISIENSI EKONOMI USAHATANI CABAI MERAH (Capsicum annum L) DI NAGARI PANINJAUAN KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR

Rahmat, Martua Harahap (2016) ANALISIS EFISIENSI EKONOMI USAHATANI CABAI MERAH (Capsicum annum L) DI NAGARI PANINJAUAN KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur teknis tanaman cabai merah, untuk mengetahui pengaruh penggunaan faktor-faktor produksi terhadap jumlah produksi, untuk mengetahui tingkat skala usahatani dan untuk mengetahui tingkat efisiensi ekonomis serta keuntungan optimum usahatani cabai merah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Jumlah sampel yang diambil adalah 30 orang petani. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisa untuk tujuan pertama yaitu dengan deskriptif kuantitatif. analisa untuk tujuan kedua yaitu menggunakan model fungsi produksi Cobb-Douglass dengan metode Enter pada program SPSS 22.00 serta analisis efisiensi ekonomis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kultur teknis dari usahatani cabai sudah sesuai dengan anjuran literatur, namun pada penggunaan faktor produksi masih jauh dari anjuran literatur. Faktor produksi pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap produksi dengan koefisien determinasi 0,670. usahatani cabai merah berada pada skala usaha increasing return to scale. penggunaan faktor produksi belum efisien sehingga penggunaan benih, pupuk kandang, urea, KCL, SS dan Phonska masih perlu penambahan penggunaan, sedangkan untuk fungisida dan tenaga kerja perlu pengurangan penggunaan. Sehubungan dengan penelitian ini disarankan kepada petani agar menambahkan penggunaan benih, pupuk kandang, Urea, KCL, SS dan Phonska serta mengurangi penggunaan fungisida dan tenaga kerja pada usahataninya. Kata Kunci : Efisiensi Ekonomi, Cabai Merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:06
Last Modified: 29 Nov 2016 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19712

Actions (login required)

View Item View Item