Peran Kerapatan Adat Nagari (KAN) Paninjauan Dalam Proses Pengangkatan Penghulu di Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kab. Tanah Datar

Hafid, Ilham (2016) Peran Kerapatan Adat Nagari (KAN) Paninjauan Dalam Proses Pengangkatan Penghulu di Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kab. Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak Ttd.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi lengkap)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PERAN KERAPATAN ADAT NAGARI (KAN) PANINJAUAN DALAM PROSES PENGANGKATAN PENGHULU DI NAGARI PENINJAUAN KEC. X KOTO KAB. TANAH DATAR Hafid Ilham, 1210112129, Hukum Perdata Adat Dan Islam, PK III Fakultas Hukum Universitas Andalas, 2016. 67 Halaman. ABSTRAK Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan sebuah lembaga perwakilan permusyarawatan dan permufakatan adat tertinggi di Sumatera Barat, yang menyelesaikan permasalahan-permasalahan sako dan pusako yang terjadi didalam nagari. Salah satu bentuk peranan KAN dalam menyelesaikan permasalahan sako adalah pengangkatan penghulu yang ada di Nagari Paninjauan. Bagi sebuah kaum yang akan mengangkat seorang penghulu serta memakaikan gelar kebesaran kaumnya, maka harus ada kesepakatan dan kebulatan kaum tersebut, lalu KAN lah yang akan memutus selanjutnya untuk pengangkatan seorang penghulu di Nagari Paninjauan. Dalam proses pengangkatan penghulu tidak selalu anggota kaum bisa memakaikan gelar kebesaran sesuai dengan keinginan kaum, karena disebabkan terjadinya permasalahan yang menghambat proses pengangkatan penghulu itu sendiri. Permasalahan yang terjadi yaitu perebutan gelar kebesaran yang melibatkan pihak-pihak yang ada didalam sebuah kaum. Bagi pihak yang belum gilirannya untuk memikul gelar kebesaran kaum tetap bersikeras untuk memakaikan gelar kebesaran dipihaknya serta pihak yang memiliki gilirian juga ingin memakaikan gelar kebesaran dipihak mereka. Penulis merumuskan 2 masalah, 1) Proses pengangkatan penghulu di Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kab. Tanah Datar, 2) Peranan Kerapatan Adat Nagari (KAN) menyelesaikan permasalahan dalam proses pengangkatan penghulu di Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kab. Tanah Datar. Dalam menjawab masalah tersebut penulis menggunakan metode yuridis sosiologis terkait pengumpulan data dan wawancara dengan KAN Paninjauan dan Urang Nan Salapan Puluah (penghulu-penghulu di Nagari Paninjauan). Berdasarkan hasil dari penelitian yang penulis teliti dalam proses pengangkatan penghulu di Nagari Paninjauan dapat berjalan dengan baik ketika anggota kaum bisa memahami serta mematuhi aturan-aturan yang telah ada di dalam kaum. Namun ketika anggota kaum tidak memahami serta tidak mematuhi peraturan tersebut, KAN yang akan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Dalam proses pengangkatan penghulu KAN Paninjauan memiliki peranan yang penting serta memiliki hak penuh untuk menentukan dan memutus suatu keputusan bagi anggota kaum yang akan mengangkat seorang penghulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 01 Dec 2016 03:18
Last Modified: 01 Dec 2016 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item