Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, Umur dan Skala Usaha terhadap Kualitas Penerapan Proses Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menegah (Industri Rekaman di Sumatera Barat)”.

Raymall, Ramayon (2013) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, Umur dan Skala Usaha terhadap Kualitas Penerapan Proses Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menegah (Industri Rekaman di Sumatera Barat)”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak mayon baru.pdf - Published Version

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3 BAB AKHIR (PENUTUP KESIPULAM).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (tugas olmiah utuh)
5 TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Sumatera Barat, industri rekaman termasuk salah satu UKM yang memiliki peran strategis, karena tidak hanya sebagai salah satu pilar ekonomi, akan tetapi juga terkait dalam dalam pelestarian seni budaya Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh tingkat pendidikan pimpinan perusahaan, umur usaha, skala usaha dan keikutsertaan pimpinan dalam pelatihan akuntansi terhadap penerapan proses akuntansi dalam perusahaan rekaman di Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 (tiga puluh) produser rekaman atau sekitar 60% pengusaha rekaman di Sumatera Barat. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan pimpinan perusahaan, skala usaha, umur usaha, dan keikutsertaan pimpinan perusahaan dalam pelatihan akuntansi. Hasil penelitian ini memperoleh gambaran yang jelas bahwa aplikasi akuntansi dalam perusahaan rekaman di Sumatera Barat sangat tidak memadai, dimana hampir tidak ada pengaruh tingkat pendidikan umur usaha, skala usaha terhadap penerapan akuntansi, meskipun keikutsertaan dalam pelatihan akuntansi, baik yang didapat selama pendidikan, maupun berdasarkan pengalaman praktis di lapangan, cukup berperan dalam kualitas penerapan akuntansi dalam perusahaan. Permasalahan ini terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengetahuan produser rekaman terhadap ilmu akuntansi, serta karakter produser rekaman sebagai pengusaha berskala industri kecil, yang belum menganggap penerapan akuntansi secara baik sangat diperlukan dalam pengelolaan perusahaan. Keyword: Industri rekaman, akuntansi, industri kecil, skala usaha, dan total asset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:54
Last Modified: 22 Nov 2016 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item View Item