ANALISIS PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN WILAYAH KABUPATEN TEBO DENGAN PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE ANALYSIS

dika, Andika Sadri (2016) ANALISIS PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN WILAYAH KABUPATEN TEBO DENGAN PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE ANALYSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak (1).pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan & Saran)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sektor pertanian sebagai sektor unggulan dalam pembangunan wilayah Kabupaten Tebo dan mengidentifikasi komoditi pertanian yang menjadi komoditi unggulan Kabupaten Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis location quotient dan shift share analysis. Sektor pertanian sebagai sektor unggulan dapat dilihat dari nilai analisis location quotient yang nilainya lebih besar dari 1. Berdasarkan hasil shift share analysis menunjukkan sektor pertanian memiliki pertumbuhan yang cepat atau menonjol baik di Kabupaten Tebo maupun di Provinsi Jambi. Selanjutnya komoditi pertanian yang merupakan komoditi unggulan adalah komoditi karet, padi ladang, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, mangga, dan durian. Komoditi tersebut memiliki nilai analisis location quotient lebih besar dari 1. Berdasarkan hasil shift share analysis menunjukkan komoditi pertanian unggulan yang pertumbuhannya cepat atau menonjol di Kabupaten Tebo dan Provinsi Jambi adalah komoditi kacang kedelai. Komoditi pertanian yang pertumbuhannya cepat di Kabupaten Tebo namun lambat di Provinsi Jambi yaitu komoditi padi ladang, kacang hijau, dan ubi kayu. Komoditi pertanian yang pertumbuhannya cepat di Provinsi Jambi namun lambat di Kabupaten Tebo yaitu komoditi karet, mangga, dan durian. Komoditi pertanian yang pertumbuhannya lambat baik di Kabupaten Tebo maupun di Provinsi Jambi yaitu komoditi kacang tanah. Sektor pertanian sebagai sektor unggulan dan memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian wilayah Kabupaten Tebo perlu mendapatkan prioritas pengembangan, sehingga memberikan dampak yang tinggi bagi peningkatan pendapatan masyarakat dan lapangan pekerjaan serta dapat mendukung perkembangan sektor perekonomian non pertanian. . Kata kunci: sektor unggulan, komoditi unggulan, Location quotient, shift share analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:36
Last Modified: 21 Nov 2016 06:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item