ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEBERFUNGSIAN KELOMPOK TANI SEBAGAI UNIT BELAJAR DI NAGARI SUNGAI NANAM KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

ROBBY, PRANANDA DWIPUTRA (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEBERFUNGSIAN KELOMPOK TANI SEBAGAI UNIT BELAJAR DI NAGARI SUNGAI NANAM KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan & Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Ini dilaksanakan di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, selama satu bulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberfungsian kelompok tani sebagai unit belajar dan menganalisis fakor-faktor internal yang mempengaruhi keberfungsian kelompok tani sebagai unit belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisa data kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 30 petani tani yang diambil secara random. Yang berasal dari 3 kelompok tani, masingmasing kelompok diwakili oleh 10 orang petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberfungsian kelompok tani sebagai unit belajar dikategorikan sedang dengan 1015, dari 3 (tiga) aspek pada unit belajar yaitu reaksi, learning, dan perilaku. Dari tiga aspek tersebut perilaku mendapatkan skor paling rendah yaitu 290 dan dikategorikan rendah. Ini menandakan tidak ada perubahan keterampilan petani karena adanya penyuluhan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberfungsian kelompok tani sebagai unit belajar adalah interaksi kelompok. Oleh Sebab itu, disarankan kepada kelompok tani agar dapat berinteraksi dengan baik lagi dengan anggota kelompok maupun anggota diluar kelompok agar dapat bertukar pengalaman dan saling belajar antar sesama petani yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam berusaha tani. Dan banyak perilaku yang dapat berpengaruh dalam mencapai tujuan kelompok dan juga banyak variabel -variabel yang belum diungkapkan dalam penelitin ini terutama variabel diluar kelompok. Dengan demikian tindak lanjut untuk penelitian tentang kelompok tani sangat diperlukan untuk mengetehui faktotfaktor yangberpengaruh yang belum diungkapkan dalam tulisan ini. Terlebih lagi kajian tentang kelompok tani kerena kelompok tani merupakan ujung tombak dalam pembangunan pertanian Indonesia. Kata kunci : Penyuluhan, Keberfungsian Kelompok Tani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:47
Last Modified: 23 Nov 2016 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item