Pengaruh Konsentrasi Kalium Klorida (KCl) dan Lama Perendaman dalam Buffer Fosfat terhadap Karakteristik dan Kinetika Reaksi Enzimatis Ekstrak Kasar Enzim Papain dari Daun Pepaya(Carica papaya, L.)

Winari, Alida (2016) Pengaruh Konsentrasi Kalium Klorida (KCl) dan Lama Perendaman dalam Buffer Fosfat terhadap Karakteristik dan Kinetika Reaksi Enzimatis Ekstrak Kasar Enzim Papain dari Daun Pepaya(Carica papaya, L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak Wina.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Konsentrasi Kalium Klorida (KCl) dan Lama Perendaman dalam Buffer Fosfat terhadap Karakteristik dan Kinetika Reaksi Enzimatis Ekstrak Kasar Enzim Papain dari Daun Pepaya(Carica papaya, L.) Winari Alida, Deivy Andhika Permata, Rina Yenrina ABSTRAK Daun pepaya merupakan salah satu bagian tanaman yang kaya manfaat. Daun pepaya mengandung enzim papain yang merupakan enzim protease yang sangat bermanfaat bagi industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Kalium Klorida dan lama perendaman dalam Buffer Fosfat terhadap karakterisitik dan kinetika ekstrak kasar enzim papain yang dihasilkan dari daun pepaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 2 faktor. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Faktor A (konsentrasi aktivator) terdiri dari 3 taraf yakni A1 (0,5%), A2 (1,0%), dan A3 (1,5%). Faktor B (lama perendaman) terdiri dari 4 taraf yakni B1 (0 jam), B2 (12 jam), B3 (24 jam), dan B4 (36 jam). Hasil penelitian menunjukkan interaksi KCl konsentrasi 1,5 % dan lama perendaman selama 24 jam dengan buffer fosfat menghasilkan aktivitas proteolitik tertinggi sebesar 18,18 μg/ml dengan kadar protein 6,57 %. Kestabilan aktivitas proteolitik ekstrak kasar papain diperoleh pada pH 7, suhu 370C, dengan nilai Vmax 21,276 Unit/mL dan Km 0,149%. Kata Kunci: daun pepaya, kalium klorida, buffer fosfat, papain, aktivitas proteolitik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Dec 2016 04:28
Last Modified: 08 Dec 2016 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item