Kontribusi Usahatani Jeruk Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Jorong Labuah Luruih Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Prata, Refrinanda (2016) Kontribusi Usahatani Jeruk Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani di Jorong Labuah Luruih Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak Fix.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN water.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI PRATA REFRINANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil usahatani jeruk serta menganalisis kontribusi usahatani jeruk terhadap pendapatan rumah tangga petani di Jorong Labuah Luruih Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan responden berjumlah 30 orang petani jeruk di Jorong Labuah Luruih. Metode pengambilan responden dilakukan dengan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis manajemen usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani jeruk di Jorong Labuah Luruih merupakan usahatani yang telah lama dilakukan, tetapi karena serangan virus CVPD tanaman jeruk mengalami kepunahan. Usahatani jeruk yang dilakukan sudah optimal dan pemeliharaan yang dilakukan sudah intensif. Berdasarkan hasil yang diperoleh rata-rata kontribusi usahatani jeruk yang diberikan dalam satu tahun (Agustus 2015 – Juli 2016) adalah sebesar 75% atau Rp 33.659.067,- pendapatan rumah tangga petani dalam satu tahun berasal dari usahatani jeruk. Jadi dapat disimpulkan usahatani jeruk di Jorong Labuah Luruih Nagari Aia Gadang masuk ke dalam kategori besar (> 60%). Jadi Usahatani Jeruk di Jorong Labuah Luruih ini sangat bagus untuk dikembangkan ke depannya, karena sangat memberikan kontribusi terhadap pendapatan rumah tangganya. Tetapi petani perlu merubah budaya bertanam jeruknya bahwa petani beranggapan tanaman jeruk akan berbuah lebat dengan pemberian urea yang berlebihan. Sebaiknya petani memberikan pupuk sesuai berapa yang seharusnya dianjurkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:20
Last Modified: 17 Nov 2016 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item