Interval Waktu Penyemprotan dan Konsentrasi Ekstrak Daun Tithonia diversifolia A. Gray untuk Pengendalian Hama Utama Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.)

Sahara, Dahniar (2016) Interval Waktu Penyemprotan dan Konsentrasi Ekstrak Daun Tithonia diversifolia A. Gray untuk Pengendalian Hama Utama Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
bab V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ekstrak daun Tithonia diversifolia (paitan) dikenal sebagai insektisida nabati yang mampu menekan serangan hama. Insektisida nabati umumnya dinyatakan efektiv dalam skala laboratorium sedangkan informasi tentang efektivitas di lapangan masih sedikit. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi dan interval waktu penyemprotan ekstrak daun paitan terbaik dalam mengendalikan hama utama tanaman cabai di lapangan. Penelitian di Rancang secara Acak Lengkap dengan 12 perlakuandan 3 ulangan. Perlakuannya adalah 9 kombinasi konsentrasi yaitu 2,5, 5,0, 7,5 % dengan interval waktu penyemprotan yaitu 7 hari, 10 hari, 14 hari, sebagai pembanding ditambahkan 3 paket perlakuan insektisida sintetik (rekomendasi, paket petani dan tanpa insektisida). Parameter yang diamati adalah jenis hama (populasi, persentase serangan) dan pertumbuhan cabai. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun paitan hanya mampu menekan perkembangan hama Myzus persicae pada konsentrai 5 % dengan interval 10 hari dan Bemisia tabaci pada konsentrasi 5 % dengan interval 7 hari. Kata kunci : Cabai, Hama, Interval waktu, Konsentrasi, Tithonia diversifolia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 14 Nov 2016 06:48
Last Modified: 14 Nov 2016 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item