ANALISIS PEMBIAYAAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WATTAMWIL SEBAGAI SUMBER PERMODALAN USAHA MIKRO PADA KJKS BMT PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

Muhammad, Ilham Suardi (2016) ANALISIS PEMBIAYAAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WATTAMWIL SEBAGAI SUMBER PERMODALAN USAHA MIKRO PADA KJKS BMT PADANG BESI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tentang Analisis Pembiayaan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Maal Wattamwil (BMT) Sebagai Sumber Permodalan Usaha Mikro pada KJKS BMT Padang Besi, telah dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan kegiatan KJKS BMT Padang Besi. 2) Menganalisis pembiayaan, penggunaan, dan pengembalian dana KJKS BMT Padang Besi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan jenis metode deskriptif nya adalah studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat adalah: (a) KJKS BMT Padang Besi menjalankan lima kegiatan dalam operasionalnya berdasarkan aturan Standar Operasional Produksi (SOP) dan Standar Operasional Manajemen (SOM) KJKS BMT Kota Padang. (b) KJKS BMT Padang Besi menerapkan sistim tanggung renteng dalam pembiayaan sebagai ganti agunan yang biasa digunakan oleh lembaga keuangan konvensional. KJKS BMT Padang Besi juga melakukan pengawasan penggunaan dana pembiayaan, dan menerapkan sanksi sosial kepada anggota yang macet dalam pengembalian dana pembiayaan. Saran peneliti yaitu: (a) Jenis pembiayaan pada KJKS BMT Padang Besi ditambah seperti mudharabah dan musyarakah agar pembiayaan lebih variatif dan dapat lebih membantu anggota dalam permodalan serta KJKS BMT dalam pengembangannya. (b) Mengeluarkan anggota yang tidak menggunakan dana pembiayaan sesuai dengan permohonan dari keanggotaan KJKS BMT Padang Besi, agar anggota lain jera menyalahgunakan dana pembiayaan. Kata kunci : kegiatan, pembiayaan, pengunaan, dan pengembalian dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:20
Last Modified: 08 Nov 2016 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item