PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxyporum f.sp cubense) DENGAN BEBERAPA ISOLAT RIZOBAKTERIA INDIGENUS PADA BIBIT PISANG (Musa paradisiaca L.)

Febrima, Putri (2016) PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (Fusarium oxyporum f.sp cubense) DENGAN BEBERAPA ISOLAT RIZOBAKTERIA INDIGENUS PADA BIBIT PISANG (Musa paradisiaca L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Febrima putri.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Febrima putri.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 Febrima putri.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Febrima Putri.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI Febrima Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rizobakteria indigenus merupakan salah satu alternatif pengendalian penyakit layu fusarium (Fusarium oxysporum). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan mendapatkan agens hayati yang paling efektif dalam mengendalikan penyakit layu fusarium pada bibit pisang secara in planta. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 8 ulangan. Perlakuan adalah isolat rizobakteria (RBPK3, RBPM2, RBPK9, dan RBPRS6) dan kontrol (tanpa rizobakteria).. Hasil penelitian menunjukan isolat rizobakteria (RBPK3, RBPM2, RBPK9, dan RBPRS6) berpengaruh terhadap penekanan penyakit Foc dan meningkatkan pertumbuhan tanaman pada bibit pisang. Isolat RBPK3 memberikan pengaruh terbaik terhadap penekanan penyakit Foc dengan efektivitas sebesar 56,17 %. Perlakuan RBPK9 memberikan pengaruh terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan efektivitas sebesar 15,94 %. Kata kunci: Rizobakteria indigenus, Tanaman pisang (Musa paradisiaca L.), Fusarium oxysporum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:41
Last Modified: 08 Nov 2016 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19410

Actions (login required)

View Item View Item