MOTIVASI PETERNAK DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI TERNAK (Studi Kasus : Kelompok Tani Ternak Saiyo Sakato Kelurahan Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang)

Bryan, Azhari Ekasoma (2016) MOTIVASI PETERNAK DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI TERNAK (Studi Kasus : Kelompok Tani Ternak Saiyo Sakato Kelurahan Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text (Bryan Azhari Ekasoma).compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Bryan Azhari Ekasoma, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. James Hellyward, MS, Ph. D dan Ir. Amrizal Anas, MP Program Studi Peternakan, Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan kendala-kendala peternak pada Kelompok Tani Ternak Saiyo Sakato di Kelurahan Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, cara pelaksanaannya dengan memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) pada 10 orang anggota kelompok yang dilakukan pada tanggal 04 Januari sampai 18 Maret 2016 serta data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik Kota Padang. Variabel yang diukur yaitu tingkat kebutuhan (kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri) dan kendala kelompok. Berdasarkan hasil penelitian bahwa yang menjadi motivasi peternak dalam pembentukan Kelompok Tani Ternak adalah kebutuhan fisiologis (23,08%), kebutuhan sosial (23,08%) dan kebutuhan penghargaan (23,08%). Ketiga kebutuhan tersebut memiliki tingkat motivasi yang tinggi dengan perolehan skor sebesar 60(total skor tertinggi). Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Kelompok Tani Ternak Saiyo Sakato terdapat pada kebutuhan keamanan (50,00%) yaitu tidak adanya jaminan kesehatan yang terdapat pada kelompok. Kendala lainnya terdapat pada pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri (80,00%) yaitu sebagian besar peternak di Kelompok Tani Ternak Saiyo Sakato belum mampu menerima orang lain untuk digabungkan dalam sebuah kelas atau memberikan penyuluhan kepada perternak lainnya. Kata kunci : Motivasi, Kebutuhan, Kelompok Tani

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:09
Last Modified: 07 Nov 2016 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item