PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) Lactococcus plantarum YANG DI ENKAPSULASI DAN MENGGUNAKAN PENGEMBAN JAGUNG TERHADAP JUMLAH BAL DI USUS, KADAR KOLESTEROL DAGING, LEMAK ABDOMEN DAN KARKAS BROILER

MENTARI, FIRDAUSI Y (2016) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) Lactococcus plantarum YANG DI ENKAPSULASI DAN MENGGUNAKAN PENGEMBAN JAGUNG TERHADAP JUMLAH BAL DI USUS, KADAR KOLESTEROL DAGING, LEMAK ABDOMEN DAN KARKAS BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1 (watermark).pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
V ( watermark).pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA upload.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
full ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kandang unggas Unit PelaksanaanTeknis (UPT) dan Laboratorium Ternak Unggas Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Lactococcus plantarum yang dienkapsulasi dan menggunakan pengemban jagung terhadap jumlah BAL, kadar kolesterol daging, lemak abdomen dan karkas pada broiler. Penelitian ini menggunakan anak ayam strain Cobb CP 707 yang berumur 1 minggu dengan jumlah anak ayam 108 dari 200 ekor. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang litter berbentuk kotak (box) dengan ukuran 75 x 60 x 60 cm perunit sebanyak 18 unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan yakni tanpa probiotik (A), probiotik fresh (B), pengemban jagung dosis 1x (C), pengemban jagung dosis 2x (D), enkapsulasi dosis 1x (E), dan enkapsulasi dosis 2x (F) yang dicampurkan dalam ransum setiap 2 minggu sekali dimana dosis 1x sama dengan 1 ml setara dengan 1,3 x 108 cfu/gr dan dosis 2x adalah 2ml setara dengan 2,6 x 108 cfu/gr.. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemberian probiotik Lactococcus plantarum memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0.01) meningkatkan jumlah BAL diusus dan menurunkan kadar kolesterol serta memberikan pengaruh yang nyata (P<0.05) terhadap menurunkan lemak abdomen dan meningkatkan bobot karkas broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian probiotik Lactococcus plantarum sangat nyata meningkatkan jumlah BAL diusus, menurunkan kadar kolesterol dan pengaruh yang nyata menurunkan lemak abdomen serta meningkatkan bobot karkas. Pengaruh pemberian probiotik yang dienkapsulasi maupun pengemban jagung mampu meningkatkan jumlah BAL diusus, menurunkan kadar kolesterol dan lemak abdomen serta mampu meningkatkan bobot karkas, jumlah pemberian dosis tidak menunjukkan perbedaan yang nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:10
Last Modified: 04 Nov 2016 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item View Item