Tipe Kepemimpinan Burhanuddin Z. Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, Di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat

Riki, Rianto (2016) Tipe Kepemimpinan Burhanuddin Z. Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, Di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vi)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Riki Rianto, BP.1110832028, Tipe Kepemimpinan Burhanuddin Z. Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari Di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat Periode 2011-2017. Pembimbing I: Dr. Aidinil Zetra, MA dan Pembimbing II: Sadri S.IP, M.Soc, Sc Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tipe kepemimpinan Wali Nagari Ujung Gading, Burhanuddin Z. dalam penyelenggaraan pemerintahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan Nagari Ujung Gading dalam beberapa sektor pembangunan seperti bidang ekonomi, pemberdayaan masyarakat, peningkatan partisipasi masyarakat, adat, sosial dan budaya sehingga Wali Nagari Burhanuddin Z. terpilih sebagai pemenang penilaian kompetensi wali nagari tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2014, dan juga sebagai pemenang wali nagari dan lurah berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan pada tahun 2014 dan juga sebagai pemenang lomba nagari berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2015. Penelitian ini menggunakan teori tipe kepemimpinan dari Sondang P. Siagian, yang mengklasifikasikan tipe kepemimpinan ke dalam 5 tipe, yaitu tipe kepemimpinan otokratis, tipe kepemimpinan demokratis, tipe kepemimpinan paternalistik, tipe kepemimpinan kharismatik, dan terakhir, tipe kepemimpinan Laissez Faire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yakni: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Triangulasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil temuan di lapangan dan kajian teoritis yang dikemukakan oleh Sondang P. Siagian menunjukkan bahwa Wali Nagari Ujung Gading, Burhanuddin Z. dalam tugasnya menyelenggarakan pemerintahan lebih cenderung mengarah kepada tipe kepemimpinan demokratis. Hal ini dapat dilihat dari sikap Burhanuddin Z. yang mau mendengarkan menerima masukan, saran, pendapat, maupun kritikan dari masyarakat, adanya pelimpahan wewenang dari atasan kepada bawahan, serta juga berusaha untuk menjunjung tinggi azas transparansi dalam memerintah. Namun, pada dasarnya seorang pemimpin tidak hanya terpaku kepada satu tipe kepemimpinan saja dalam menjalankan tugasnya. Seorang pemimpin juga harus menyesuaikan dengan tuntutan situasi dan kondisi yang ada Kata Kunci: Burhanuddin Z, Tipe Kepemimpinan, Nagari Ujung Gading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:14
Last Modified: 15 Nov 2016 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item View Item