Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Pariaman Menggunakan Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Zulni, Afdal (2016) Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Pariaman Menggunakan Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan pariwisata kota Pariaman. penelitian ini bertipe kualitatif dan metode pengumpulan data melalui observasi, wawanacara, dan studi literatur. Sampel penelitian adalah wisatawan, masyarakat, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pariaman. Data yang didapatkan ditampilkan dalam analisis faktor eksternal dan faktor internal, kemudian menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan alternatif strategi SO, ST, WO, dan WT, dan terakhir analisis QSPM digunakan untuk mendapatkan prioritas strategi pengembagan pariwisata kota Pariaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan pariwisata yang sebaiknya diprioritaskan adalah strategi peningkatan kualitas obyek wisata dan infrastruktur pendukung yang pertama, kemudian strategi peningkatan akses dan kualitas layanan, dan prioritas strategi ketiga yaitu strategi mendorong kreatifitas, inovasi dan promosi produk lokal yang menarik, dan strategi peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa pemerintah kota Pariaman harus memaksimalkan kemampuan dalam memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman dari pengembangan pariwisata. Kata Kunci : Strategi Pariwisata, Analisis SWOT, Analisis QSPM, Kota Pariaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:37
Last Modified: 02 Nov 2016 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item View Item