PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAN BEBERAPA FRAKSI TANAMAN Tithonia diversifolia TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN

Maria, Clara Chrisantini (2016) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAN BEBERAPA FRAKSI TANAMAN Tithonia diversifolia TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Perpus abstrak+cover fix.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
Perpus-Bab I PDF.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pab 5 Penutup)
Perpus-Bab 5 PDF.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Perpus-Daftar_pustaka PDF.PDF - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
19184.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penurunan produktivitas dan perkembangan pada manusia. Tanaman insulin (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray) merupakan tumbuhan yang dapat dikatakan menarik, karena penggunaan secara tradisional dan aktivitas farmakologisnya terdapat pada hampir semua bagian tumbuhannya, termasuk daun. Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa tanaman insulin mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar glukosa darah, seperti senyawa fenolik, terpenoid, dan flavonoid. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktifitas antihiperglikemia ekstrak etanol serta fraksi heksana, fraksi etil asetat, dan fraksi sisa daun insulin (Tithonia diversifolia) pada mencit putih jantan. Penelitian ini menggunakan 5 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif, ekstrak, fraksi heksana, fraksi etil asetat dan fraksi sisa. Masing-masing kelompok diberikan perlakuan sesuai nama kelompoknya, terkecuali untuk kelompok kontrol. Dosis yang digunakan untuk masing-masing kelompok adalah sama, yaitu 10,78 mg/kgBB. Perlakuan diberikan selama 21 hari, yang diikuti dengan pengkuran kadar glukosa darah pada hari ke-0, ke-7, ke-14, dan ke-21. Perhitungan kadar glukosa darah dilakukan dengan cara memotong ujung ekor mencit untuk mendapatkan darah yang diukur menggunakan glucoest. Hasil penelitian menunjukkan semua perlakuan dosis tidak berpengaruh nyata terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit putih jantan (P>0,05). Dapat disimpulkan ekstrak etanol, fraksi heksana, fraksi etil asetat, fraksi sisa daun insulin tidak mampu menurunkan kadar glukosa darah mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:49
Last Modified: 14 Dec 2016 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19184

Actions (login required)

View Item View Item