“Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP): Studi Kasus Betonisasi Jalan Di Kelurahan Parambahan Kota Payakumbuh”

LOREN, HARI (2016) “Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP): Studi Kasus Betonisasi Jalan Di Kelurahan Parambahan Kota Payakumbuh”. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran))
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tinjauan Kepustakaan)
TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan di suatu wilayah tentunya tidak akan terlepas dari pelibatan masyarakat dan stakeholders. Pentingnya pelibatan masyarakat (partisipasi masyarakat) dalam sebuah proses pembangunan dapat menjadi faktor keberhasilan program tersebut. Partisipasi adalah proses aktif inisiatif diambil oleh warga komunitas sendiri, dibimbing oleh cara berfikir mereka sendiri, dengan menggunakan sarana dan proses (lembaga dan mekanisme) dimana mereka dapat menegaskan kontrol secara efektif. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) merupakan salah satu program bertujuan untuk peningkatan akses masyarakat dan memiliki wadah dalam memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta mampu mempengaruhi keputusan kebijakan publik. Salah satu prinsip yang dilaksanakan dalam PNPM-MP adalah prinsip partisipatif Jalan lingkungan merupakan jalan umum yang berfungsi melayani angkutan lingkungan dengan ciri perjalanan jarak dekat, dan kecepatan rata-rata rendah dan hanya untuk kendaraan-kendaraan kecil. Jalan lingkungan merupakan prasarana yang paling mendapat perhatian. Selain karena jalan lingkungan ini merupakan salah satu faktor yang memungkinkan terjadinya kegiatan sosial ekonomi. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat di Kelurahan Parambahan Kota Payakumbuh. Untuk menganalisis hal tersebut, penelitian ini menggunakan data primer berupa kuisioner lalu dilakukan analisis dengan menggunakan metode skala likert, AHP dan regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis dari metode tersebut, faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi partisipasi masyarakat adalah usia antara 30 – 50 tahun, pendidikan SD dan pekerjaan petani. Kata kunci: partisipasi masyarakat, PNPM-MP, jalan lingkung, Skala Likert, AHP, Regresi Logistik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:37
Last Modified: 24 Feb 2017 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item