PROFIL KELOMPOK TANI DAN KINERJA LEMBAGA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI HAMPARAN SAIYO NAGARI AUR DURI SURANTIH)

Vera, Yunita (2016) PROFIL KELOMPOK TANI DAN KINERJA LEMBAGA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI HAMPARAN SAIYO NAGARI AUR DURI SURANTIH). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 kesimpulan dan saran)
bab 5 kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok tani hamparan saiyo Nagari Aur Duri Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 20 April-20 Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lembaga penyuluh pertanian dan untuk mengetahui peran kelompok tani dalam mendukung kinerja lembaga penyuluh pertanian. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara kepada responden dengan menggunakan skala likert. Jumlah responden yang yang digunakan adalah 16 orang penyuluh di lembaga penyuluh dan 32 orang peternak pada kelompok tani hamparan saiyo. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa profil kelompok tani Hamparan Saiyo sangat baik karena memiliki anggota yang aktif dalam kelompok serta mendapatkan bantuan sapi dari lembaga melalui program KPDT dengan jumlah 12 ekor sapi dan kelompok tani ini memiliki prestasi yang baik dengan 3 tahun berturut-turut dari tahun 2014 sampai sekarang tahun 2016. Kinerja lembaga penyuluh kurang baik dengan rata-rata kinerja diperoleh yaitu 14,40, dimana pada variabel kinerja penyuluh yang kurang baik terdapat dalam membantu peternak untuk menyadari adanya persoalan-persoalan yang dihadapi dan membantu untuk mendefenisikan dengan rata-rata 9,31 dan menganalisis pemecahan masalah yang mungkin diambil dan akibat yang akan ditimbulkan dengan rata-rata 10,25 serta dalam memantau dan mengevaluasi kebijakan- kebijakan yang baru dibidang pertanian dengan rata-rata 9,93 dan pada variabel kinerja yang baik tersebut dalam menentukan pilihan pemecahan masalah yang sering dihadapi dengan rata-rata 20,75 serta dalam memberikan informasi tentang kebijakan-kebijakan yang baru dibidang pertanian dengan rata-rata 21,75. Profil kelompok tani Kata Kunci : Lembaga Penyuluh Pertanian, Kinerja penyuluh, Profil Kelompok Tani

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2016 04:07
Last Modified: 02 Nov 2016 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19138

Actions (login required)

View Item View Item