Tampilan Produksi Dan Kualitas Susu Kerbau Rawa Di Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar

Rahma, Febriana (2016) Tampilan Produksi Dan Kualitas Susu Kerbau Rawa Di Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2.bab 1.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3. bab 5.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsifull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi dan kualitas susu Kerbau Rawa di Peternakan Rakyat Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan 12 ekor Kerbau Rawa laktasi pertama dan keempat. Penelitian ini menggunakan metode survei dan analisis laboratorium. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara menghitung produksi dan kualitas susu. Data sekunder berupa catatan data dari instansi terkait. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu rata-rata hitung dan standar deviasi. Peubah yang diukur adalah produksi dan kualitas susu (kadar protein dan kadar lemak) Kerbau Rawa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rataan produksi susu Kerbau Rawa laktasi 1 dan laktasi 4 adalah 0,88±0,11 l/ekor/hari dan 1,57±0,19 l/ekor/hari. Setelah distandarkan ke 7% FCM didapatkan 0,89±0,11 kg/ekor/hari dan 1,49±0,20 kg/ekor/hari. Kualitas susu Kerbau Rawa laktasi 1 dan laktasi 4 adalah kadar protein 4,84% dan 4,40%. Untuk kadar lemak susu Kerbau Rawa di dapatkan 6,87% dan 6,28%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produksi dan kualitas susu Kerbau Rawa di Nagari Tanjung Bonai cukup baik sebagai ternak penghasil dadih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:17
Last Modified: 11 Jan 2017 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item