PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentosaceus YANG MENGGUNAKAN PENGEMBAN UBI JALAR UNGU (lpomoea batatas var. Ayumurasaki) TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING SERTA JUMLAH BAL DI USUS BROILER

Weni, Susanti (2016) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentosaceus YANG MENGGUNAKAN PENGEMBAN UBI JALAR UNGU (lpomoea batatas var. Ayumurasaki) TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING SERTA JUMLAH BAL DI USUS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK ok.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentosaceus yang menggunakan pengemban ubi jalar ungu terhadap kandungan kolesterol dan lemak daging serta jumlah BAL di usus broiler. Penelitian ini menggunakan anak ayam strain Cobb CP 707 dari PT.Charoen Pokphand Indonesia berumur 1 minggu dengan jumlah 144 ekor yang diseleksi dari 200 ekor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Adapun susunan perlakuannya yaitu: A (probiotik Lactococcus plantarum fresh dosis 1 ml), B (probiotik Pediococcus pentosaceus fresh dosis 1 ml), C (Lactococcus plantarum dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 1 gram), D (Lactococcus plantarum dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 2 gram), E (Pediococcus pentosaceus dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 1 gram) dan F (Pediococcus pentosaceus dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 2 gram). Peubah yang diamati adalah kadar kolesterol dan lemak daging serta jumlah BAL di usus broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentosaceus memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0.01) meningkatkan jumlah BAL diusus halus maupun menurunkan kadar kolesterol daging broiler dan berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan kadar lemak daging broiler. Rataan kadar kolesterol daging berkisar antara 3,10 mg/dl – 9,13 mg/dl. Rataan kadar lemak daging berkisar antara 6,74% - 13,78%. Rataan jumlah koloni bakteri asam laktat di usus meningkat berkisar antara 6,74 x log 10 cfu/g - 8,02 x log 10 cfu/g setara 0,06 x 〖10〗^8 cfu/g - 1,06 x 〖10〗^8cfu/g. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian probiotik Lactococcus plantarum dengan Pediococcus pentosaceus yang menggunakan pengemban ubi jalar ungu dosis 2 gram merupakan pemberian yang paling lebih efektif terhadap broiler dibandingkan probiotik fresh dosis 1 ml dan pengemban ubi jalar ungu dosis 1 gram. Kata kunci : Lactococcus plantarum, Kolesterol Daging, Pediococcus pentosaceus, Probiotik, Ubi Ungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:33
Last Modified: 02 Nov 2016 02:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item View Item