PENGARUH PEMBERIAN SIRUP DARI EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH DAN DAGING BUAH MAHKOTA DEWA TERHADAP GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN

Wahyu, Safitri (2016) PENGARUH PEMBERIAN SIRUP DARI EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH DAN DAGING BUAH MAHKOTA DEWA TERHADAP GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN fix.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIXX.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian sirup dari ekstrak daun sirih merah dan daging buah mahkota dewa terhadap kadar glukosa darah mencit putih jantan. Sebanyak 24 ekor mencit jantan dibagi ke dalam 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 8 ekor. Kelompok 1 sebagai kelompok kontrol diberi NaCMC 0,5 % ; Kelompok 2 sebagai kelompok Uji I diberi campuran ekstrak daun sirih merah dosis 75 mg/kgBB dan ekstrak daging buah mahkota dewa dosis 750 mg/kgBB ; Kelompok 3 sebagai kelompok Uji II diberi sirup campuran ekstrak daun sirih merah dosis 75 mg/kgBB dan ekstrak daging buah mahkota dewa dosis 750 mg/kgBB selama 6, 13 dan 20 hari. Semua kelompok diaklimatisasi selama 7 hari petama. Kadar glukosa darah diukur pada hari ke-7, 14 dan 21 menggunakan alat digital Nesco®MultiCheck. Hasil analisis statistik menggunakan Analisis Varian (ANOVA) 2 arah menunjukkan bahwa faktor kelompok terhadap kadar glukosa darah menunjukkan perbedaan yang bermakna (p<0,05) sedangkan lamanya pemberian dan korelasinya tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna (p>0,05). Setelah dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test terlihat perbedaan pengaruh yang nyata antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol, namun perbedaan tersebut dilihat dari data rata-rata kadar glukosa darah mencit kelompok perlakuan mengalami kenaikan dari rata-rata kadar glukosa darah mencit kelompok kontrol. Sehingga disimpulkan pemberian sirup dari ekstrak daun sirih merah dosis 75 mg/kgBB dan ekstrak daging buah mahkota dewa dosis 750 mg/kgBB tidak memberikan pengaruh penurunan terhadap kadar glukosa darah mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:57
Last Modified: 07 Dec 2016 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19046

Actions (login required)

View Item View Item