PORTOFOLIO OPTIMAL PADA PASAR SAHAM YANG BERGERAK DENGAN MODEL GERAK BROWN GEOMETRI

Hadi, Ridha Nofreza (2016) PORTOFOLIO OPTIMAL PADA PASAR SAHAM YANG BERGERAK DENGAN MODEL GERAK BROWN GEOMETRI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Hadi Ridha Nofreza, 1210432007 (Portofolio Optimal pada Pasar Saham yang Bergerak dengan Model Gerak Brown Geometri).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi ketika seorang investor berinvestasi adalah bagaimana memanajemen dana yang diinvestasikan. Pergerakan harga saham yang mengikuti proses stokastik akan menyulitkan investor untuk memutuskan berinvestasi. Sehingga perlu dibentuk suatu model matematika dalam suatu persamaan diferensial stokastik, dari model persamaan diferensial stokastik akan terbentuk suatu solusi model gerak Brown geometri. Model gerak Brown geometri dapat digunakan untuk melihat keadaan pergerakan harga suatu saham. Hal ini akan membantu investor dalam berinvestasi, sehingga investor mendapatkan return yang diharapkan dengan risiko yang minimum. Implikasi dalam meminimumkan risiko adalah dengan menggunakan metode mean-variance pada model Markowitz. Model Markowitz dapat diselesaikan dengan metode Lagrange sehingga didapatkan solusi alokasi dana untuk beberapa komposisi portofolio yang efisien. Portofolio optimal dapat diperoleh dari portofolio efisien yang terbentuk dengan preferensi risiko terkecil. Solusi dari model Markowitz dapat diaplikasikan untuk menentukan portofolio optimal pada tiga saham yang bergerak dengan model gerak Brown geometri. Data dapat diakses melalui http://www.google.com/finance merupakan data saham harian dari saham BBMI, BBNI, dan TLKM dengan periode waktu terhitung sejak 1 Januari 2015 hingga 31 Desember 2015. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah portofolio dengan alokasi dana untuk saham BBMI, BBNI, dan TLKM berturut-turut sebesar 10,11%, 8,60%, dan 81,29%, dengan tingkat pengembalian portofolio sebesar 0,0138% dan risiko portofolio sebesar 0,0198% merupakan portofolio optimal dengan risiko terkecil berdasarkan model Markowitz. Kata Kunci : Proses stokastik, gerak Brown geometri, portofolio optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:20
Last Modified: 10 Nov 2016 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item