EVALUASI REGIMEN DOSIS DAN PENYIAPAN REGIMEN DOKSORUBISIN-FLUOROURASIL-SIKLOFOSFAMID PADA PASIEN KANKER PAYUDARA USIA PERTENGAHAN DAN USIA LANJUT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Rifka, Uljannah (2016) EVALUASI REGIMEN DOSIS DAN PENYIAPAN REGIMEN DOKSORUBISIN-FLUOROURASIL-SIKLOFOSFAMID PADA PASIEN KANKER PAYUDARA USIA PERTENGAHAN DAN USIA LANJUT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK COVER.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL + PERNYATAAN new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada pasien kanker payudara salah satu regimen kemoterapi kombinasi lini pertama yang diberikan adalah regimen yang terdiri dari doksorubisin, 5-fluorourasil, dan siklofosfamid. Penggunaan obat kemoterapi pada pasien usia pertengahan dan usia lanjut menjadi perhatian khusus dalam pengobatan karena pada usia pertengahan dan usia lanjut terjadi penurunan fungsi organ dan fisiologis sehingga dapat berpengaruh terhadap farmakokinetika dan farmakodinamika obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan regimen dosis kemoterapi, dan penyiapan obat kemoterapi pada pasien kanker payudara usia pertengahan dan usia lanjut. Penelitian ini dilakukan pada pasien kanker payudara usia pertengahan dan usia lanjut yang menerima kemoterapi di Instalasi Diagnostik Terpadu RSUP DR. M. DJAMIL Padang dengan menggunakan data prospektif dari bulan Mei hinga Juli 2016. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan 11 orang pasien yang menerima doksorubisin, 5-fluorourasil, dan siklofosfamid dengan data rekam medik lengkap. Persentase ketepatan kondisi pasien, dosis, interval pemberian, dan kesesuaian prosedur penyiapan secara berurutan sebesar 50,0; 14,4; 79,2; dan 98,4 %. Sementara untuk ketepatan rute pemberian sebesar 100 %. Interaksi farmakokinetika yang terjadi antara doksorubisin, 5-fluorourasil, dan siklofosfamid dengan obat lainnya yang diberikan bersamaan pada tingkat moderat dan minor masing-masing adalah sebanyak 66,7 dan 33,3 %. Tidak ditemukan interaksi pada tingkat mayor. Anemia merupakan efek samping yang paling berpotensi yakni sebanyak 36,4 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:48
Last Modified: 22 Dec 2016 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item