KARAKTERISTIK KUANTITATIF DAN KUALITATIF TELUR ITIK PITALAH DI NAGARI BATIPUAH BARUAH KECAMATAN BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR

JONI, ANDESTA (2016) KARAKTERISTIK KUANTITATIF DAN KUALITATIF TELUR ITIK PITALAH DI NAGARI BATIPUAH BARUAH KECAMATAN BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kuantitatif dan kualitatif telur itik Pitalah di Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 24 Februari 2016 di Nagari Batipuah Baruah dan Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling dengan pengamatan secara lansung sebanyak 300 butir telur itik Pitalah. Peubah yang diamati adalah panjang telur, lebar telur, tebal kerabang, berat telur, berat albumen, berat yolk, indeks telur, warna kerabang dan warna yolk. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang telur dan lebar telur adalah jangka sorong, untuk tebal kerabang digunakan egg shell thickness, untuk pengukuran berat digunakan timbangan digital dan untuk warna yolk digunakan yolk colour fan. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk rataan sifat kuantitatif terdiri dari panjang telur 5,96 ± 0,20 cm, lebar telur 4,41 ± 0,12 cm, tebal kerabang 0,39 ± 0,08 mm, berat telur 66,52 ± 4,8 g, berat albumen 31,41 ± 3,36 g, berat yolk 25,08 ± 3,07 g dan indeks telur 74,07 ± 2,49 %. Sedangkan untuk rataan sifat kualitatif dari telur itik Pitalah di Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar dengan warna kerabang hijau kebiruan dan warna yolk dengan rataan 10. Kata Kunci : Itik Pitalah, Nagari Batipuah Baruah, karakteristik kuantitatif, karakteristik kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:35
Last Modified: 01 Nov 2016 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item View Item