PENGARUH METODE PENCUCIAN PERALATAN TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN KELOMPOK TANI TERNAK TUNAS BARU, TABEK GADANG PADANG PANJANG

FITRIA, HANDAYANI (2016) PENGARUH METODE PENCUCIAN PERALATAN TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN KELOMPOK TANI TERNAK TUNAS BARU, TABEK GADANG PADANG PANJANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB AKHIR (kesimpulan).pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH METODE PENCUCIAN PERALATAN TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN SAPI PERAH KELOMPOK TANI TERNAK TUNAS BARU, TABEK GADANG PADANG PANJANG FITRIA HANDAYANI, dibawah bimbingan Dr. Drh. Yulia Yellita, MP dan Dr. Ir. H. Arief, MS Bagian Teknologi dan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pencucian peralatan terhadap kualitas susu dilihat dari sanitasi peralatan pemerah susu sebelum atau sesudah pemerahan. Materi penelitian ini yaitu susu kandang dari hasil pemerahan pagi dan peralatan pemerahan di peternakan sapi perah Kelompok Tani Ternak Tunas Baru, Tabek Gadang Padang Panjang. Penelitian ini dilakukan di lapangan dan di laboratorium. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan rumus Uji Independent t-Test. Pengambilan sampel dilakukan dengan dua metode pencucian peralatan yaitu pencucian dengan air hangat yang dilakukan pada hari ke-1 sampai ke-5 dan pencucian dengan deterjen alkali, air hangat, dan larutan sanitasi Chloride dilakukan pada hari ke-8 sampai hari ke-12. Parameter yang diukur adalah, total koloni bakteri, kadar pH, kadar lemak, dan berat jenis. Hasil penelitian dari analisa statistik menunjukkan bahwa (P>0,05) antara P1 dan P2 pada total koloni, kadar pH, kadar lemak dan berat jenis susu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pencucian peralatan terhadap kualitas susu di peternakan sapi perah Kelompok Tani Ternak Tunas Baru tidak berbeda nyata (P>0,05) dan tidak mempengaruhi kadar pH, kadar lemak dan berat jenis tetapi mempengaruhi total koloni bakteri pada susu. Kata Kunci: Kualitas susu, Metode pencucian, Peralatan pemerahan, Sanitasi, dan Susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:21
Last Modified: 01 Nov 2016 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18940

Actions (login required)

View Item View Item