ANALISIS YURIDIS TERHADAP KEWENANGAN HAKIM DALAM PUTUSAN NO.04/Pdt.G/2013/PN.LBS TENTANG PERKARA SENGKETA PERJANJIAN PEMBORONGAN DI PENGADILAN NEGERI LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

Harrisman, Yusdi (2016) ANALISIS YURIDIS TERHADAP KEWENANGAN HAKIM DALAM PUTUSAN NO.04/Pdt.G/2013/PN.LBS TENTANG PERKARA SENGKETA PERJANJIAN PEMBORONGAN DI PENGADILAN NEGERI LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
1) cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2) bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
3) Bab V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4) daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5) skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Analisis Yuridis Terhadap Kewenangan Hakim Dalam Putusan No.04/Pdt.G/2013/PN.LBS Tentang Perkara Sengketa Perjanjian Pemborongan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman” perjanjian pemborongan bangunan Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Sikaping antara CV. Bina Perdana Abadi sebagai pihak pemborong dengan Pejabat Pembuat Komitmen RSUD Lubuk Sikaping yaitu Direktur Rumah Sakit sebagai pihak yang memberi tugas. Permasalahan yang timbul ialah masalah pemutusan kontrak yang dilakukan sepihak oleh PPK RSUD Lubuk Sikaping atas perjanjian yang telah dilakukan. Sementara pihak pemborong yang tidak menerima mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping hingga pada penyelesaiannya sampai pada Pengadilan Tingkat Banding yaitu Pengadilan Tinggi Padang Sumatera Barat. Permasalahan yang diajukan pada penelitian ini difokuskan pada dasar hukum penggugat dalam mengajukan gugatannya hingga pada terjadinya perbedaan putusan dari kedua pengadilan tersebut memberikan kewenangan yang berbeda yang dilihat pada pertimbangan hukumnnya. Penelitian ini dilakukan pada Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dan Pengadilan Tinggi Padang Sumatera Barat. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui penelitian dilapangan dengan menggunakan wawancara, serta data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Pendekatan masalah ini berupa yuridis empiris, yaitu pendekatan masalah melalui penelitian hukum dengan melihat norma hukum yang berlaku dan menghubungkannya dengan fakta pelaksanaan yang ada di lapangan sehubungan dengan permasalahan yang ditemui dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian bersifat kualitatis, yaitu berdasarkan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku dan pendapat para ahli. Selanjutnya disusun dalam bentuk uraian kalimat secara sistematis. Dalam prakteknya terjadi beberapa perbedaan antara putusan yang diberikan oleh kedua pengadilan tersebut yakni Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dan Pengadilan Tinggi Padang Sumatera Barat, terutama dalam pertimbangan hukumnya yang menyebabkan perbedaan pandangan hukum bagi hakim dalam memutus perkara tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:19
Last Modified: 19 Dec 2016 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item