Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Bedah dan Non Bedah RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2016

RIKA, NOVARIZA (2016) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Bedah dan Non Bedah RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab i.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
penutup.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
TESIS FULL update.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permenkes no. 56 tahun 2014 menetapkan bahwa standar nasional kepuasan pasien adalah 90%, tetapi RSUP.DR.M.Djamil Padang belum mampu memenuhi standar tersebut terbukti dari hasil pengukuran indeks kepuasan yang dilakukan oleh bagian KMMRS didapatkan kepuasan pasien < 80%, oleh karena itu kepuasan pasien harus menjadi prioritas bagi pengelola rumah sakit, karena dengan kepuasan pasien rumah sakit mendapatkan gambaran tentang kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di rawat inap Bedah dan Non Bedah RSUP.DR.M.Djamil Padang Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang di rawat di Irna Bedah dan Non Bedah RSUP.RD.M.Djamil Padang yang berjumlah 401 orang dengan 80 sampel. Teknik pengampilan sampel secara proporsional random sampling. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara dimensi tangible, responsiveness, assurance,emphaty dengan kepuasan pasien dengan nilai p value < 0,05. Sedangkan dimensi reliability dengan kepuasan pasien tidak terdapat hubungan yaitu dengan nilai p > 0,05. Dimensi yang paling berpengaruh di rawat inap Bedah adalah dimensi emphaty dengan OR = 4,213, sedangkan di rawat inap Non Bedah adalah dimensi responsiveness dengan OR = 3,864. Saran penelitian agar rumah sakit meningkatkan tampilan fisik, disiplin waktu pada petugas (dokter, perawat, dan lain-lain), proses administrasi yang cepat, informasi yang diberikan lengkap serta rasa empati pada pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:16
Last Modified: 31 Oct 2016 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item