STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN PERAWAT MELAKUKAN TINDAKAN RESTRAIN PADA PASIEN PERILAKU KEKERASAN DI RSJ. HB. SAANIN PADANG

DIANA, ARIANTI (2016) STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN PERAWAT MELAKUKAN TINDAKAN RESTRAIN PADA PASIEN PERILAKU KEKERASAN DI RSJ. HB. SAANIN PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abtrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 HASIL.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB 6 penutup.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pusaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS DIANA ful.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman perawat melakukan tindakan restrain pada pasien perilaku kekerasan dilakukan dengan alasan untuk penanganan pasien dari tindakan yang dapat menciderai dirinya, orang lain, dan lingkungan tindakan restrain. Desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di RSJ. HB. Saanin Padang pada tanggal 12-22 Juli 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 6 orang partisipan dengan teknik purposive sampling. Data di analisa dengan menggunakan teknik analisis metode Collaizi. Etika yang diperhatikan dalam penelitian ini dengan menghormati prinsip etik dan keabsahan data. Hasil penelitian mengidentifikasi 5 tema utama yaitu indikasi restrain, perlengkapan untuk dilakukan restrain, pelaksanaan restrain, tindakan restrain dan keputusan pelepasan restrain. Diharapkan kepada pihak penyedia pelayanan kesehatan diharapkan adanya peningkatan pendidikan pada petugas yang berupa untuk mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai tindakan dan teknik-teknik restrain agar perawat dapat profesionalitas yang berkesinambungan dalam melakukan tindakan restrain demi keselamatan dan keamanan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:11
Last Modified: 21 Feb 2017 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item