HUBUNGAN ANTARA CURAHAN WAKTU KERJA KELUARGA DAN PENDAPATAN PADA USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI NAGARI BATU HAMPAR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Herru, Yohanes (2016) HUBUNGAN ANTARA CURAHAN WAKTU KERJA KELUARGA DAN PENDAPATAN PADA USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DI NAGARI BATU HAMPAR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.docx watermark.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.docx watermark.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx watermark.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Usaha ternak menjadi salah satu sumber penyumbang pendapatan rumah tangga petani di pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui curahan waktu kerja keluarga dan pendapatan peternak dalam usaha ternak sapi potong serta mengetahui hubungan antara curahan waktu kerja keluarga dan pendapatan. Penelitian ini dilakukan di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2016, melalui survey terhadap 60 orang peternak Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanasi yang menjelaskan tentang hubungan antara variabel curahan waktu kerja keluarga dan pendapatan pada usaha peternakan sapi potong dengan menggunakan data kuantitatif yang dimulai sejak awal Juni-Juli 2016 di Nagari Batu Hampar, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan bantuan kuisioner dan koefisien korelasi menggunakan SPSS korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tenaga kerja keluarga yang paling banyak berperan pada usaha ternak sapi potong yaitu suami dengan curahan waktu 0,3125 HKP dengan rata-rata 2,5 jam/orang, kemudian istri dengan total curahan waktu 0,0868 HKP per hari dengan rata-rata 0,90 jam/orang dan anak dengan total curahan waktu 0,0587 HKP per hari dengan rata-rata 0,94 jam/orang. Pendapatan peternak yang ada di Nagari Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan bahwa pendapatan yang terbesar dari skala kepemilikan ternak 6-7 ekor sebesar Rp 13.628.461,00/tahun sedangkan pada skala usaha 4-5 dengan rata-rata pendapatan Rp 7.223.856,00/tahun dan pada skala usaha kepemilikan ternak 2-3 ekor sebesar Rp3.892.993,00/tahun. Curahan waktu kerja keluarga memiliki hubungan positif dengan pendapatan peternakan usaha sapi potong yang ada. Hal ini menunjukkan jika curahan waktu kerja semakin banyak maka pendapatan yang diperoleh juga semakin tinggi. Kata Kunci :Curahan Waktu Kerja Keluarga, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:21
Last Modified: 31 Oct 2016 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18615

Actions (login required)

View Item View Item