ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA

Wiranti, Dwi Rahmadini (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BABVI)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Universitas Andalas (UNAND) merupakan salah satu perguruan tinggi yang memberikan pelayanan jasa transportasi bus kampus untuk mempermudah mahasiswa dalam menjalankan aktivitas di lingkungan kampus. Bus kampus merupakan salah satu sarana yang memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan pendidikan akademik dan kegiatan non-akademik mahasiswa UNAND. Namun, berdasarkan hasil survei awal yang telah dilakukan, menurut persepsi beberapa mahasiswa yang menggunakan transportasi bus kampus, pelayanan bus kampus UNAND saat ini belum bisa dikatakan bagus sesuai dengan harapan mahasiswa, baik dari aspek keamanan, keselamatan, maupun keteraturan jadwal keberangkatan bus kampus. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperbaiki serta melakukan evaluasi terhadap pelayanan jasa transportasi bus kampus UNAND saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan jasa transportasi bus kampus UNAND. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan bus kampus pada penelitian ini juga dilakukan pada masing-masing jalur pengoperasian bus kampus UNAND. Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan menganalisis hasil jawaban mahasiswa pada kuesioner penelitian. Proses identifikasi dan analisis tersebut dilakukan dengan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index) untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa saat ini terhadap kualitas pelayanan bus kampus UNAND, menggunakan metode SERVPERF dan model Kano untuk mengidentifikasi atribut- atribut pelayanan yang menurut persepsi mahasiswa menjadi penyebab utama munculnya ketidakpuasan terhadap pelayanan bus kampus UNAND saat ini, dan Root Cause Analysis (RCA) untuk menganalisis penyebab munculnya ketidakpuasan dan memberikan rekomendasi perbaikan. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan bus kampus UNAND saat ini memang masih tergolong rendah (termasuk kedalam interpretasi very poor), dengan persentase CSI sebesar 48,61%. Hal yang sama juga terjadi pada tingkat kepuasan mahasiswa di masing-masing jalur pengoperasian bus kampus. Tingkat kepuasan mahasiswa pada masing-masing jalur pengoperasian bus kampus juga tergolong rendah dan termasuk kedalam interpretasi very poor. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa atribut pelayanan yang menjadi penyebab utama munculnya ketidakpuasan mahasiswa adalah atribut pelayanan pada dimensi kualitas tangibles dan responsiveness dengan karakteristik butir pertanyaan keselamatan, keamanan, keteraturan jadwal dan rute, serta sarana keselamatan dalam keadaan darurat. Kata kunci: atribut pelayanan, bus kampus, evaluasi, kualitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:38
Last Modified: 31 Oct 2016 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item