Penggunaan YouTube Sebagai Media Promosi Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan

Muhammad, Rahimul Amin (2016) Penggunaan YouTube Sebagai Media Promosi Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan YouTube Sebagai Media Promosi Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan. YouTube adalah sebuah media sosial yang banyak digunakan sebagai sarana promosi objek wisata dalam bentuk visual dan audio visual. Kawasan Wisata Mandeh menjadi sebuah objek wisata yang menarik perhatian dan banyak dipromosikan dengan menggunakan YouTube. Hasil penelitian dianalisis dengan media richness theory dari Daft dan Lengel, teori ini menunjukkan pertimbangan pemilihan sebuah media komunikasi yang paling tepat digunakan. Media richness theory dapat mengurangi ketidakpastian dan ketidakjelasan berdasarkan kemampuan sebuah media. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dengan tiga orang yang telah meng-upload video tentang KawasanWisataMadeh, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan media sosial YouTube mempunyai beberapa pertimbangan yaitu durasi, ukuran file, pengguna yang beragam, pesan visual dan audio visual, fitur pencarian, sarana interaksi, dan penggunaan yang gratis. Penggunaan YouTube dalam mempromosikan Kawasan Wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan sangat bergantung bagaiamana video yang diupload. Ketiga peng-upload video mementingkan durasi, pengambilan gambar dengan menggunakan drone, backsound, dan scene untuk mempromosikan Kawasan Objek Wisata Mandeh. Dengan menggakan YouTube semakin banyak yang mengetahui dan datang ke Objek Kawasan Wisata Mandeh. Kata Kunci: Media Sosial, YouTube, Promosi, Kawasan Wisata Mandeh, Media Richness Theory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:19
Last Modified: 28 Oct 2016 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item