HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENGGUNAAN APD, SIKAP KERJA DAN PENGAWASAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI PT. KUNANGO JANTAN GROUP PADANG PARIAMAN TAHUN 2016

ANNISA, AGMA (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENGGUNAAN APD, SIKAP KERJA DAN PENGAWASAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI PT. KUNANGO JANTAN GROUP PADANG PARIAMAN TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Kecelakaan kerja menurut International Labour Organization (ILO) dapat terjadi dikarenakan tiga faktor, yaitu faktor manusia, pekerjaan, dan faktor lingkungan di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, penggunaan APD, sikap kerja, dan pengawasan terhadap kecelakaan kerja pada pekerja di PT. Kunango Jantan Group tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional yang dilakukan di PT. Kunango Jantan Group pada bulan September 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja PT. Kunango Jantan Group dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Data diolah dengan SPSS dan dianalisis dengan uji statistik Chi-Square (α=0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53,8% pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja, 23,1% pekerja memiliki pengetahuan rendah, 60,3% pekerja tidak menggunakan APD saat bekerja, 60,3% pekerja memiliki sikap kerja yang tidak ergonomis, 32,1% pekerja menyatakan pengawasan kurang baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan APD (p-value=0,001), sikap kerja (p-value=0,004), pengawasan (p-value=0,001), dan dengan kecelakaan kerja.Tidak terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dengan kecelakaan kerja (p-value= 0,663). Kesimpulan Terdapat hubungan antara penggunaan APD, sikap kerja, dan pengawasan dengan kecelakaan kerja pada pekerja PT. Kunango Jantan Padang tahun 2016. Tidak Terdapat hubungan bermakna anatara pengetahuan dengan kecelakaan kerja. Disarankan kepada perusahaan untuk memberikan pelatihan mengenai sikap kerja dan mendorong penggunaan APD pada saat bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:29
Last Modified: 28 Oct 2016 02:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item