RESPON PERTUMBUHAN DAN KARATERISTIK KARKAS AYAM BROILER YANG DI PELIHARA PADA SISTEM INTENSIF DENGAN AKSES KE PASTURA DAN PENAMBAHAN FEED ADDITIVE EKSTRAK “CINNAMONONI”

Muhammad, Hardiyanto (2016) RESPON PERTUMBUHAN DAN KARATERISTIK KARKAS AYAM BROILER YANG DI PELIHARA PADA SISTEM INTENSIF DENGAN AKSES KE PASTURA DAN PENAMBAHAN FEED ADDITIVE EKSTRAK “CINNAMONONI”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Autosaved).pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya permintaan akan daging ayam organik merangsang peneliti untuk mencari pengganti antibiotik bacitrasin yang biasa diberikan dalam ransum broiler dengan bahan alami yang aman. Salah satunya adalah ekstrak cinnamononi, dan dengan melakukan pemeliharaan secara organik di pastura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian feed additive ekstrak cinnamononi pada pemeliharaan intensif di kandang yang mempunyai akses ke pastura terhadap pertumbuhan dan karakteristik karkas broiler. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan 2 perlakuan menggunakan analisis data Uji-t dengan jumlah sampel pada masing – masing perlakuan sebanyak 20 ekor, pemeliharaan dilakukan selama 5 minggu perlakuan dimulai pada ayam umur 8 hari. Sebagai perlakuan adalah sistem pemeliharaan intensif di kandang (P1) dan sistem pemeliharaan intensif di kandang dengan akses ke pastura (jam 06.00 – 17.00 WIB) dan dengan pemberian ekstrak cinnamononi 250 mg/kg bobot badan (P2). Ekstrak cinnamononi diberikan dengan cara dilarutkan dalam air 2 ml/ekor. Peubah yang diamati adalah pertambahan bobot badan, berat hidup, persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambahan bobot badan, berat hidup dan berat karkas pada P2 nyata lebih besar (P<0,05) dari pada P1. Persentase lemak abdomen pada P2 nyata lebih rendah (P>0,05) dari P1, sedangkan persentase karkas berbeda tidak nyata (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pemeliharaan ayam broiler secara intensif dengan akses ke pastura dan dengan pemberian ekstrak cinnamononi dapat meningkatkan pertambahan bobot badan 15,5%, berat hidup 14,7%, dan menurunkan persentase lemak abdomen 20,3% pada ayam broiler, tetapi tidak berpengaruh terhadap persentase karkas. Kata Kunci : Broiler, Ekstrak cinnamononi, Karakteristik Karkas, Peternakan organik, Pastura

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:33
Last Modified: 28 Oct 2016 02:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item