ANALISA PERBAIKAN KUALITAS TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA PENYULANG SUDIRMAN, GARDU INDUK SIMPANG HARU MENGGUNAKAN CAPASITOR BANK DAN TAP CHANGER

FEBI, AHNIL SAPUTRA (2016) ANALISA PERBAIKAN KUALITAS TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA PENYULANG SUDIRMAN, GARDU INDUK SIMPANG HARU MENGGUNAKAN CAPASITOR BANK DAN TAP CHANGER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK INDONESIA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAAB I .pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
tugas akhir fulll.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada konsumsi listrik baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Suatu sistem tenaga listrik yang baik harus memiliki nilai tegangan yang tidak melebihi batas toleransi serta rugi-rugi daya yang kecil. Batas toleransi yang diperbolehkan untuk nilai suatu tegangan +5% dan -10% dari tegangan nominalnya. Adapun beberapa solusi yang dapat digunakan yaitu pemasangan kapasitor bank dan pengaplikasian tap changer. Pada skripsi ini akan dilakukan perbaikan kualitas tegangan pada jaringan distribusi menggunakan tap changer. Selanjutnya setelah tegangan terperbaiki dipasang kapasitor bank untuk melakukan perbaikan selanjutnya. Pemasangan kapasitor bank ini dilakukan dengan menggunakan dua buah metoda, yaitu metoda jarak dan metoda aliran daya reaktif. Proses perbaikan pada skripsi ini disimulasikan dengan menggunakan perangkat lunak ETAP 12.6.0. Dari hasil simulasi tersebut bisa dianalisa dan didapatkan perbaikan tegangan dan rugi-rugi daya yang paling optimal sehingga pada akhirnya dapat diterapkan dalam proses perbaikan sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:21
Last Modified: 01 Nov 2016 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item