UJI TOKSISITAS AKUT DALAM PENENTUAN LETHAL CONCENTRATION 50 (LC50) INSEKTISIDA KLORPIRIFOS TERHADAP IKAN MAS (Cyprinus carpio L)

NAILUL, HUSNI (2016) UJI TOKSISITAS AKUT DALAM PENENTUAN LETHAL CONCENTRATION 50 (LC50) INSEKTISIDA KLORPIRIFOS TERHADAP IKAN MAS (Cyprinus carpio L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
TA FULL NAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai lethal concentration (LC50) insektisida klorpirifos dengan menggunakan hewan uji ikan mas (Cyprinus carpio L) dan menganalisis hubungan konsentrasi insektisida klorpirifos dengan persentase kematian hewan uji. Penelitian memiliki lima variasi konsentrasi yaitu 0,01 ppm, 0,1 ppm, 1 ppm, 10 ppm, 100 ppm dan satu kontrol, dilakukan secara duplo dengan metode static test selama 96 jam yang mengacu pada USEPA tahun 2002. Jumlah ikan mas 120 ekor serta panjang rata-rata 3-5 cm dan larutan uji yang digunakan yaitu aquadest ditambah dengan larutan artifisial klorpirifos. Uji toksisitas akut ini dilakukan dengan dua kali pengujian yaitu uji pendahuluan dan uji dasar. Pengujian berlangsung dalam kondisi fisik air sesuai batas yang diizinkan untuk pemeliharaan ikan mas yaitu pH 6-9, DO minimal 3 mg/L dan suhu 25oC-30oC. Hasil penelitian uji toksisitas akut ini diperoleh nilai LC50 dengan menggunakan metode probit sebesar 0,028 ± 0,010 mg /L yang termasuk dalam kategori sangat toksik. Analisis hubungan nilai konsentrasi insektisida klorpirifos terhadap persentase kematian ikan mas bernilai r = 0,99 yang berarti korelasi sangat kuat dan persamaan regresi yang terpilih yaitu logaritma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:05
Last Modified: 28 Oct 2016 02:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18230

Actions (login required)

View Item View Item