Pembangunan Sistem Informasi Geografis Penyebaran Rumah Tangga Miskin Di Kelurahan Puhun Tembok Kota Bukittinggi Berbasis Web

Ulfa, Fithriyyah (2016) Pembangunan Sistem Informasi Geografis Penyebaran Rumah Tangga Miskin Di Kelurahan Puhun Tembok Kota Bukittinggi Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu keadaan penduduk yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk hidup yang layak. Kemiskinan mengakibatkan penurunan kualitas sumber daya manusia yang menjadi masalah global dalam pembangunan. Kota Bukittinggi menempati urutan ke empat tertinggi dari tujuh kota di Provinsi Sumatera Barat dengan persentase penduduk miskin sebesar 4.96%. Di Kota Bukittinggi terdapat rumah tangga miskin sebanyak 2.694 dari 28.616 rumah tangga yang letaknya tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan. Kelurahan Puhun Tembok merupakan kelurahan dengan jumlah rumah tangga miskin nomor tiga terbanyak dari 24 kelurahan di Kota Bukittinggi serta memiliki lokasi rumah tangga miskin yang tersebar. Lokasi yang tersebar ini mengakibatkan berbagai pihak kesulitan menyalurkan bantuan kepada rumah tangga miskin. Selain itu, pihak-pihak yang ingin menyalurkan bantuan juga mengalami kesulitan akibat kurangnya data yang akurat tentang rumah tangga miskin, sehingga penurunan angka kemiskinan menjadi lambat akibat ketidaktepatan program pengentasan kemiskinan. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah sistem informasi geografis penyebaran rumah tangga miskin di Kelurahan Puhun Tembok Kota Bukittinggi berbasis web yang mampu menyediakan informasi berdasarkan lokasi untuk setiap rumah tangga miskin yang ada di Kelurahan Puhun Tembok Kota Bukittinggi. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengodean, dan pengujian. Kebutuhan fungsional pada aplikasi ini dianalisis dari jurnal terkait dan data PPLS 2011, sehingga didapatkan 13 kebutuhan fungsional, diantaranya pengguna dapat melihat posisi saat ini pada peta, mencari rumah tangga miskin berdasarkan nama, RW, pekerjaan, pendapatan, status kesejahteraan, serta bantuan diterima, melihat rumah tangga miskin terdekat dari posisi pengguna, melihat informasi kepala keluarga, melihat informasi rumah, melihat foto rumah, melihat rute dari posisi pengguna menuju rumah tangga miskin, melihat statistik penyebaran rumah tangga miskin berdasarkan RW. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode blackbox testing yang dilakukan oleh lima orang penguji. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pada 13 kebutuhan fungsional pada aplikasi diperoleh hasil bahwa 13 kebutuhan fungsional yang dirancang tersebut telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kata Kunci: Kemiskinan, Kota Bukittinggi, Sistem Informasi Geografis, web, PostgreSQL, PostGIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 08 Nov 2016 06:48
Last Modified: 08 Nov 2016 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item View Item