STRATEGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN NELAYAN DI WILAYAH PESISIR PROVINSI JAMBI BERBASIS PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (LOCAL ECONOMIC DEVELOPMENT)

Anggie Lusiano, Anggie (2016) STRATEGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN NELAYAN DI WILAYAH PESISIR PROVINSI JAMBI BERBASIS PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (LOCAL ECONOMIC DEVELOPMENT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan nelayan dapat tergambar dari perbandingan antara pendapatan dengan pengeluaran untuk mencukupi kebutuhan hidup. Secara ekonomis, bila pendapatan nelayan lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan maka dapat dikatakan mempunyai kesejahteraan yang lebih baik. Indikator yang tepat untuk melihat tingkat kesejahteraan nelayan yaitu dengan menggunankan Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang mempertimbangkan seluruh pendapatan dan pengeluaran kelaurga nelayan. Kehidupan nelayan provinsi jambi memperlihatkan kondisi nelayan yang masih berada dibawah tingkat kesejahteraan ideal masyarakat pada umumnya. Permasalahan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan selain dipengaruhi oleh faktor internal masyarakat nelayan itu sendiri, juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yang berasal dari luar masyarakat nelayan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik usaha penangkapan ikan dan kondisi masyarakat nelayan di wilayah pesisir provinsi jambi, menganalisis perkembangan nilai tukar nelayan provinsi jambi, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal peningkatan kesejahteraan nelayan dan menghasilkan strategi peningkatan kesejahteraan nelayan di provinsi jambi. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif kualitataif yang menyajikan data, grafik, matriks dan gambar yang kemudian dipaparkan kedalam bentuk teks naratif. Data yang diperoleh melalui indepth interview dengan responden nelayan dan stake holder dirumuskan kedalam matriks SWOT sehingga menghasilkan suatu strategi untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Berdasarkan hasil analisis data yang ada didapatkan bahwa produksi perikanan provinsi jambi masih jauh tertinggal dibandingkan Provinsi riau dan Provinsi Sumatera barat. Jumlah produksi Perikanan laut provinsi jambi hanya berkontribusi sebesar 0.80 % terhadap produksi nasional pada tahun 2014. Pola Perkembangan Nilai tukar nelayan Provinsi Jambi hampir sama dengan pola perkembangan Nilai tukar Nelayan nasional akan tetapi angka NTN Provinsi Jambi selalu lebih rendah dibandingkan NTN nasional pada periode November 2013 sampai Maret 2016. Dari analisis SWOT menghasilkan strategi dan arah kebijakan yang dapat disarankan kepada pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan nelayan di Provinsi Jambi. Kata kunci: kesejahteraan nelayan, Nilai Tukar Nelayan, faktor internal dan eksternal, SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 28 Oct 2016 01:55
Last Modified: 28 Oct 2016 01:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18168

Actions (login required)

View Item View Item