PERENCANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN CHECK DAM PADA SUNGAI BATANG KURANJI SEGMEN TENGAH KOTA PADANG (STUDI KASUS CHECK DAM v BATANG KURANJI)

SABILA, QISTHI YENAS (2016) PERENCANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN CHECK DAM PADA SUNGAI BATANG KURANJI SEGMEN TENGAH KOTA PADANG (STUDI KASUS CHECK DAM v BATANG KURANJI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
4. ABSTRAK A5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULL TUGAS AKHIR)
ALL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Sungai Batang Kuranji merupakan salah satu daerah aliran sungai (DAS) dengan luas 202,7 km2. Sungai Batang Kuranji memiliki panjang sungai utama 32,41 km. Curah hujan rata-rata tahunan pada DAS Sungai Batang Kuranji adalah antara 3.500-4.000 mm/tahun yang termasuk kategori curah hujan yang tinggi. Sungai ini memiliki kemiringan dasar yang sangat curam pada bagian hulu dan semakin landai pada bagian hilir. Kondisi topografi yang terjal dan jenis material pembentuk dasar dan tebing sungai yang mudah lepas menjadikan aliran membawa material debris pada saat debit tinggi. Sehingga untuk menstabilkan alur sungai perlu adanya perencanaan bangunan pengendali sedimen. Bangunan pengendali sedimen yang akan direncanakan adalah check dam. Data-data yang dibutuhkan adalah data hidrologi berupa data curah hujan harian maksimum, data penyelidikan tanah, peta topografi dan peta geometri sungai. Data-data tersebut diolah dan dijadikan dasar perencanaan check dam. Dari analisis hidrologi didapatkan debit banjir rencana 100 th sebesar 1312,860 m3/dtk. Hasil perhitungan perencanaan struktur check dam, diperoleh tinggi main dam 2 m, lebar peluap main dam dan sub dam 4 m, kemiringan hulu main dam dan sub dam 1:1, kemiringan hilir main dam dan sub dam 1:0,2, kedalaman pondasi 2,33 m, tinggi sub dam 1,25 m, panjang apron 15,5 m. Kata kunci: bangunan pengendali, sedimen, check dam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:22
Last Modified: 28 Oct 2016 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item View Item