Nova, Rizqi (2016) Perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit negeri dengan rumah sakit swasta pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V WATERMARK.pdf - Published Version Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka WATERMARK.pdf - Published Version Download (299kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT WATERMARK NOVA R.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Rumah sakit adalah salah satu sarana kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan. Rumah sakit di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta. Setiap rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta berkewajiban memberikan pelayanan yang baik untuk setiap pasien termasuk pasien BPJS. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala modifikasi kualitas pelayanan menggunakan teori Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) yang terdiri dari 5 aspek yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Skala kualitas pelayanan dalam penelitian ini terdiri dari 50 item. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS di instalasi bedah rawat jalan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 pasien, terdiri dari 75 pasien rumah sakit negeri X dan 75 pasien rumah sakit swasta Y. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling, dengan jenis accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t hitung sebesar 0,759 dengan nilai signifikansi sebesar 0,449. Hal ini menunjukkan bahwa rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y memberikan pelayanan yang sama kepada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y berada pada kategori kualitas pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit Negeri, Rumah Sakit Swasta
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18118 |
Actions (login required)
View Item |