Perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit negeri dengan rumah sakit swasta pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS

Nova, Rizqi (2016) Perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit negeri dengan rumah sakit swasta pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V WATERMARK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka WATERMARK.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT WATERMARK NOVA R.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rumah sakit adalah salah satu sarana kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan. Rumah sakit di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta. Setiap rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta berkewajiban memberikan pelayanan yang baik untuk setiap pasien termasuk pasien BPJS. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala modifikasi kualitas pelayanan menggunakan teori Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) yang terdiri dari 5 aspek yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Skala kualitas pelayanan dalam penelitian ini terdiri dari 50 item. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS di instalasi bedah rawat jalan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 pasien, terdiri dari 75 pasien rumah sakit negeri X dan 75 pasien rumah sakit swasta Y. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non probability sampling, dengan jenis accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y pada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t hitung sebesar 0,759 dengan nilai signifikansi sebesar 0,449. Hal ini menunjukkan bahwa rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y memberikan pelayanan yang sama kepada pasien rawat jalan pengguna kartu BPJS. penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan rumah sakit negeri X dan rumah sakit swasta Y berada pada kategori kualitas pelayanan yang berkualitas. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit Negeri, Rumah Sakit Swasta

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 27 Oct 2016 08:15
Last Modified: 27 Oct 2016 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item